PENERAPAN ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GAME PADA MATERI EKSPONENSIAL TERHADAP SISWA MTSN 1 ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GAME PADA MATERI EKSPONENSIAL TERHADAP SISWA MTSN 1 ACEH TENGAH


Pengarang

Devi Arhami Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103020031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pembelajaran matematika masih menjadi permasalahan berbagai pihak. Berbagai temuan mengenai math anxiety (kecemasan matematika) menunjukkan, bahwa matematika masih menjadi momok bagi siswa. Siswa cenderung menghindari tugas-tugas matematika. Eksponensial adalah salah satu materi matematika yang fundamental, menjadi prasyarat materi lainnya. Namun, masih adanya kesalahan dalam pemamahaman konsep, serta kecerobohan dalam berhitung, membuat materi ini dirasa penting untuk diangkat dalam sebuah penelitian. ELPSA framework merupakan pendekatan perancangan pembelajaran matematika yang memuat lima komponen, yaitu experience (pengalaman), language (bahasa), pictorial (gambaran), symbolic (simbol), dan application (penerapan). ELPSA diterapkan dengan tujuan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran melalui komponen experience dan language, membentuk pemahaman bermakna melalui komponen pictorial, serta melatih keterampilan siswa melalui komponen symbolic dan application. Selain itu, game dipilih sebagai variasi komponen symbolic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melaui penerapan ELPSA framework berbantuan game pada materi eksponensial, serta memperoleh gambaran respons dan aktivitas emosi siswa terhadap penerapan tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah convergent parallel mixed method design, dan dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 1 Aceh Tengah, dan sampelnya siswa kelas VIII-I. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes hasil belajar, angket respons siswa, dan lembar observasi aktivitas emosi siswa. Berdasarkan uji t, dapat disimpulkan bahwa nilai siswa setelah penerapan ELPSA framework berbantuan game pada materi eksponensial telah mencapai ketuntasan. Selain itu, penghitungan skor dari angket respons siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang positif, baik terhadap pembelajaran maupun pemanfaatan game. Observasi terhadap aktivitas emosi siswa menunjukkan adanya keseriusan, kesenangan, dan rasa ingin tahu. Sedangkan perilaku yang menunjukkan kebosanan, kekecewaan, dan perilaku lainnya tidak muncul.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK