//

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AINOL MARDIYAH - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEACHING MATERIALS
BIOLOGY
INSTRUCTIONAL MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas modul, hasil belajar, keterampilan proses sains peserta didik dengan penerapan modul berbasis Direct Instruction dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII MTsN Banda Aceh berjumlah 997 peserta didik berasal dari 3 sekolah. Sampel berjumlah 215 yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian inimenggunakan modul berbasis Direct Instruction, tes hasil belajar, lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Analisis data digunakan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil pengembangan modul berbasis Direct Instruction berkategori valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, guru, peserta didik. Hasil pengembangan modul biologi materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN Banda Aceh dengan nilai N- Gain sebesar 64, 17 kategori tinggi, keterampilan proses sains siswa sebesar 87,59 % kategori baik sekali. Kesimpulan penelitian ini modul pembelajaran berbasis Direct Instruction berkategori valid dan layak digunakan, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan pembelajaran menggunakan modul berbasis Direct Instruction dan pembelajaran konvensional. Hasil belajar dapat meningkat secara optimal, maka diharapkan guru biologi dapat mengembangkan modul berbasis Direct Instruction yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Kata kunci: modul berbasis Direct Instruction, hasil belajar, keterampilan proses sains, konsep ekosistem

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH (Erlina, 2017)

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

A DESCRIPTION OF THE TEACHING OF SPEAKING AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF UIN AR-RANIRY (Ayuna Netta, 2014)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Wahyu Rizki, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy