//

ANALISIS HUBUNGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ACEH (APBA) TERHADAP INDIKATOR KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN ANALISIS KORELASI KANONIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVIA PUCHA AUDYA - Personal Name
SubjectALGEBRAS, LINEAR
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Berdasarkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, salah satu tujuan negara Indonesia adalah mensejahterakan masyarakat. Bappeda mengatakan dengan adanya infrastruktur yang memadai diharapkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Untuk membangun infrastruktur dibutuhkan dana yang bersumber dari APBA. APBA terdiri dari tiga bagian yang terdiri atas anggaran pendapatan, anggaran belanja, dan anggaran pembiayaan. Sedangkan indikator kesejahteraan masyarakat terdiri dari 8 indikator yaitu indikator kependudukan, indikator kesehatan dan gizi, indikator pendidikan, indikator ketenagakerjaan, indikator taraf dan pola komumsi, indikator perumahan dan lingkungan, indikator kemiskinan, indikator sosial lainnya. Peningkatan jumlah APBA selayaknya diiringi dengan pesatnya pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur diharapkan mampu mempercepat dan meningkatkan ekonomi sehingga mampu mengimbangi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini diduga adanya keterkaitan antara pesatnya pembangunan infrastruktur dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Analisis yang digunakan untuk melihat hubungan antar kedua gugus tersebut adalah analisis korelasi kanonik. Data yang digunakan merupakan data APBA dan indikator kesejahteraan masyarkat Aceh tahun 2016. Dari analisis diperoleh bahwa hubungan antara APBA dan indikator kesejahteraan masyarkat Aceh tahun 2016 sebesar 92,8%. Anggaran Pendapatan dan angka partisipasi SMA merupakan peubah yang paling berpengaruh terhadap koefisien korelasi kanonik. Sedangkan anggaran pembiayaan dan persentase penduduk menurut penguluaran perkapita Rp. 200.000-Rp.299.999 merupakan peubah yang paling tidak berpengaruh terhadap koefisien korelasi kanonik. Kata Kunci: Dana, APBA, Indikator Kesejahteraan Masyarakat, Kependudukan, Kesehatan, Pendidikan, Aceh, Analisis Korelasi Kanonik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETERLAMBATAN PENGESAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ACEH (APBA) TAHUN 2018 (Fitri Ani, 2020)

REALISASI APBA TAHUN 2017 (STUDI KASUS TERHADAP KETERLAMBATAN PENGESAHAN APBA TAHUN 2017) (Aulia Syafahri S, 2019)

PENGARUH PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN PERUBAHAN ANGGARAN DANA BAGI HASIL TERHADAP PERUBAHAN ANGGARAN BELANJA MODAL PADA BIDANG KESEHATAN KABUPATEN/KOTA DI ACEH (Cut Ratnasari, 2017)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT KESEHATAN DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN KORELASI KANONIK (RESTU DEVIYANTI, 2015)

KEWENANGAN GUBERNUR ACEH DALAM MENETAPKAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ACEH (APBA) DENGAN PERATURAN GUBERNUR (Rikki Dhikayama, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy