//

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desy Havizhah - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Desy Havizhah Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Efek Antibakteri Ekstrak Daun Jeruk Purut (Citrus hystrix) terhadap Pertumbuhan Enterococcus faecalis Pada kasus gigi yang telah melakukan perawatan saluran akar banyak mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut umumnya disebabkan oleh bakteri, dimana salah satu bakterinya adalah Enterococcus faecalis. Proses debridemen dan kemudian dilanjutkan dengan proses irigasi merupakan salah satu cara untuk mengeliminasi Enterococcus faecalis. Jeruk purut (Citrus hystrix) merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan perawatan saluran akar karena memiliki aktivitas antibakteri dalam spektrum luas serta mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan steroid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek antibakteri ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix) terhadap pertumbuhan Enterococcus faecalis. Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratoris. Ekstrak daun jeruk purut dibuat dengan metode maserasi dengan pelarut etanol 96% dan kemudian diuji fitokimia. Uji efek antibakteri ekstrak daun jeruk purut terhadap pertumbuhan Enterococcus faecalis dilakukan dengan metode dilusi pada media MHA. Konsentrasi ekstrak daun jeruk purut yang digunakan adalah 6,12%, 12,5%, 25%, 50%, 100%. Analisis stastistik menggunakan uji Kruskal-Wallis dan uji Mann-whitney. Hasil uji analisis statistik dengan uji Kruskal-Wallis dengan nilai p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI EKSTRAK KULIT JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) SEBAGAI ANTI PEMBENTUKAN BIOFILM OLEH ENTEROCOCCUS FAECALIS (DEVIKA PERMATA DEWI, 2018)

PENGARUH LARUTAN KUMUR EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) TERHADAP PH SALIVA (Tia Nailil Azmi, 2016)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) TERHADAP PERTUMBUHAN LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS (IZZATUL JANNAH, 2019)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN SUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS L.) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (SITTY MAYSARAH, 2016)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PACAR KUKU (LAWSONIA RN INERMIS L.) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS. (ichwanul muslim, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy