ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA WARUNG KOPI DI BANDA ACEH DENGAN ANALISIS SWOT DAN FIVE FORCES BY PORTER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA WARUNG KOPI DI BANDA ACEH DENGAN ANALISIS SWOT DAN FIVE FORCES BY PORTER


Pengarang

Fathia Mauliza - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304106010023

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Competitive advantage adalah kemampuan perusahaan dalam menerapkan strategi bisnis yang mendatangkan keuntungan berkelanjutan dan menghasilkan kepuasan konsumen untuk memilih perusahaan tersebut daripada pesaingnya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui strategi bisnis yang diterapkan warung kopi, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan perbaikan untuk warung kopi tersebut dan warung kopi lainnya. Dalam penelitian ini objek yang diteliti meliputi warung kopi Solong Kopi Ulee Kareng, 3 In 1 Coffee dan BT Coffee Shop. Pemilihan tiga objek tersebut dikarenakan warung kopi cukup populer di Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kepuasan konsumen, SWOT yang terdiri dari EFAS IFAS, dan Five Forces by Porter. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepuasan konsumen sebanyak 84 di Solong Kopi Ulee Kareng, 78 orang masing-masing di 3 In 1 Coffee dan BT Coffee Shop. Hasil penelitian menyatakan tingkat kepuasan konsumen tertinggi dari ketiga warung kopi adalah Solong Kopi Ulee Kareng dan tingkat kepetingan tertinggi ada pada BT Coffee Shop. Sedangkan untuk posisi SWOT, ketiga warung kopi berada di kuadran I, yang artinya strategi yang diterapkan perusahaan selama ini memberikan pengaruh yang sangat baik untuk pertumbuhan warung kopi, namun dari ketiganya yang memiliki kekuatan dan peluang terbesar adalah Solong Kopi Ulee Kareng. Sedangkan tingkat persaingan sejenis yang dimiliki oleh ketiga warung kopi terbilang rendah untuk warkop Solong, sedang untuk 3 In 1 Coffee dan tinggi untuk warung kopi BT Coffee Shop.
Kata Kunci : Persaingan, Kepuasan Konsumen, Analisis SWOT, Five Forces by Porter

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK