ANALISIS PROFIL PELATIH DAN PROGRAM LATIHAN PENCAK SILAT ACEH BESAR MENUJU PORA TAHUN 2018 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PROFIL PELATIH DAN PROGRAM LATIHAN PENCAK SILAT ACEH BESAR MENUJU PORA TAHUN 2018


Pengarang

RIDA SUSANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200110034

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ANALISIS PROFIL PELATIH DAN PROGRAM LATIHAN
PENCAK SILAT ACEH BESAR MENUJU PORA 2018

Abstrak
(Rida Susanti)

Pengcab pencak silat Aceh besar harus mempersiapkan atlet-atletnya untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Rakyat Aceh (PORA) 2018 di Aceh Besar. Pelatih dituntut untuk memiliki profil yang memenuhi syarat dan standar ilmu kepelatihan sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik termasuk menyusun program latihan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalis profil pelatih dan program latihan pencak silat Aceh Besar menuju PORA 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun subjek penelitian terdiri dari 2 orang pengurus, 3 orang pelatih, dan 5 orang atlet pencak silat PORA Aceh Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: profil pelatih pencak silat PORA Aceh Besar sebagai berikut: (1) sebanyak 2 orang pelatih (67%) memiliki jenjang pendidikan SMA dan 1 orang pelatih (33%)sarjana olahraga, (2) sebanyak 2 orang pelatih (67%)memiliki jenjang melatih tingkat provinsi dan 1 orang pelatih (33%) tingkat nasional,(3) semua pelatih memiliki lisensi provinsi, (4)sebanyak 1 orang pelatih (33%) sudah melatih di bawah 6 tahun dan 2 orang pelatih (67%) di atas 6 tahun, (5)sebanyak 1 orang pelatih (33%) membawa atlet menuju tingkat provinsi dan 2 orang pelatih (67%) menuju tingkat nasional. Gaya kepemimpinan pelatih dominan ke gaya kepemimpinan demokrasi dan peran pelatih juga sebagai guru, teman, orang tua, serta motivator. Hasil analisis program latihan yang disusun oleh pelatih pencak silat Aceh Besar menuju PORA 2018 tidak sesuai dengan kaidah dan prinsip-prinsip penyusunan program latihan, tidak layak untuk digunakan dan masih mempunyai banyak kesalahan serta kekurangan yaitupada jangka program latihan, pembagian periodeisasi latihan, isi program latihan, itensitas latihan, volume latihan dan peak performance pertandingan.

Kata Kunci: profil pelatih, program latihan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK