//

KAJIAN PEMBUATAN SELAI BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) DAN PENDUGAAN PENURUNAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SELAMA PENYIMPANAN DENGAN METODE ARRHENIUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Qurrata A`yun - Personal Name
SubjectFOOD TECHNOLOGY
PRESERVATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Absrtak : Buah naga merah mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat sebagai anti radikal bebas dan mencegah penyakit kanker. Buah naga merah juga dapat diolah menjadi selai. Bahan baku untuk pembuatan selai yaitu buah naga merah, gula, penstabil (CMC dan pektin) serta asam sitrat. Namun demikian, selai memiliki masa simpan yang singkat dan perlu dilakukannya pendugaan umur simpan dengan metode Arrhenius. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh jenis penstabil dan waktu pemasakan terhadap mutu selai buah naga merah, serta untuk mengetahui umur simpan selai menggunakan metode Accelerated Shelf Life Test (ASLT) model Arrhenius. Pembuatan selai buah naga merah dengan perbedaan jenis penstabil (CMC dan pektin) serta waktu pemasakan (5 menit, 7,5 menit dan 10 menit) digunakan untuk penentuan formulasi selai terbaik berdasarkan analisis kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan, serat kasar, pH, total asam, padatan terlarut dan uji hedonik. Selai terbaik yang didapatkan kemudian disimpan dalam inkubator bersuhu 30, 40, 50 dan 60oC selama 28 hari untuk menentukan umur simpan selai berdasarkan analisis aktivitas antioksidan menggunakan metode Arrhenius. Selai buah naga terbaik yaitu selai menggunakan penstabil pektin dan waktu pemasakan 10 menit, dengan nilai kadar air 31,85%, padatan terlarut 70,21% brix, pH 3,82%. Pendugaan umur simpan selai buah naga merah berdasarkan aktivitas antioksidan menggunakan metode Arrhenius yaitu sekitar 119 hari pada suhu 30oC. Kata kunci : Buah naga merah, CMC, pektin, umur simpan, metode Arrhenius.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BUAHNAGA MERAH (HYLOCEREU POLYRHIZUS) DALAM PEMBUATAN SELAI (Muhammad Rajab Bil Habli, 2019)

PERBEDAAN KADAR ION KALSIUM DALAM SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH MENGKONSUMSI BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) (KAJIAN PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2017) (Ayu Anisah Reghina, 2019)

MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH SETELAH PEMBEKUAN MENGGUNAKAN PENGENCER SITRAT KUNING TELUR DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) (MELISA LOLA ANGGRAINI, 2018)

EFEK AGITASI SUSU PROBIOTIK YANG DITAMBAHKAN BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) TERHADAP UJI SENSORIK DAN TOTAL PLATE COUNT (Feby Zalika Parindra, 2016)

UJI ANTIBAKTERIAL EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) TERHADAP BAKTERI SALMONELLA PULLORUM (Ichsan Maulana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy