//

KLASIFIKASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KEDELAI DI KABUPATEN ACEH TENGAH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANNA SABILA - Personal Name
SubjectSOYBEANS
LAND USE - AGRICULTURAL SURVE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Ketersediaan kedelai sangat penting sebagai bahan pangan dan non pangan di Indonesia, sehingga menyebabkan kebutuhan akan kedelai semakin meningkat. Namun produksi kedelai nasional tidak mampu memenuhi kebutuhan kedelai itu sendiri. Akibatnya pemerintah mulai mencari solusi untuk menanggulangi hal tersebut, salah satunya yaitu pengembangan lahan alternatif. Pengembangan lahan alternatif dapat diwujudkan melalui kesesuian lahan. Penelitian klasifikasi kesesuaian lahan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan mengklasifikasikan kesesuaian lahan tanaman kedelai di Kabupaten Aceh Tengah menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan uji laboratorium. Analisis kesesuaian lahan pada penelitian ini menggunakan metode overlay dan metode matching. Metode overlay yaitu penanganan data secara digital dengan menggabungan beberapa peta seperti peta penggunaan lahan, peta kemiringan lereng dan peta jenis tanah. Dari hasil overlay diperoleh 13 (tiga belas) Satuan Peta Lahan (SPL) dengan nilai karakteristik yang berbeda setiap satuan lahan. Sedangkan Metode matching digunakan untuk membandingkan karakteristik lahan SPL dengan kriteria kelas kesesuaian lahan tanaman kedelai. Hasil matching menunjukkan bahwa Kabupaten Aceh Tengah tergolong dalam kelas kesesuaian lahan S3 (Sesuai Marginal) dengan luas total 182,78 ha atau 61,78%, dan kelas kesesuaian lahan N (tidak sesuai) dengan luas total 89,29 ha atau 32,82%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KURMA (PHOENIX DACTYLIFERA) BERBASIS WEB DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahma Zulaikha, 2021)

PERBANDINGAN METODE MATCHING DAN METODE SKORING PADA ANALISIS KESESUAIAN LAHAN KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Dita Ayuniara, 2021)

PENATAAN LAHAN HUTAN RAKYAT PADA HUTAN DESA DI GAMPONG MANE KECAMATAN MANE KABUPATEN PIDIE (MUHAMMAD AKBAR, 2019)

EVALUASI KEKSESUAIAN LAHAN PENGEMBANGAN KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINENSIS JACQ.) DI AFDELING IX PTPN I KECAMATAN COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA (mukhtamar, 2016)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KOMODITAS TANAMAN PANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN QUANTUMGIS KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Alfira Khaliza Sari Zein, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy