//

PERBEDAAN BENTUK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DITINJAU DARI USIA SAAT MENIKAH DAN TINGKAT PENDIDIKAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANDA RIZKI RAHMITA - Personal Name
SubjectCRIMINAL LAW
COURTS (LAW)
DOMESTIC VIOLENCE
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan suatu masalah global yang terdapat di semua budaya dan masyarakat. Pelaku ataupun korban KDRT berasal dari latar belakang yang berbeda, seperti berasal dari segala usia, etnis, tingkat pendapatan, atau tingkat pendidikan. Korban KDRT dapat mengalami berbagai bentuk kekerasan diantaranya psycho-physical violence dan control violence. Usia saat menikah dan tingkat pendidikan mempengaruhi bentuk KDRT yang dialami oleh korban. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan bentuk KDRT ditinjau dari usia saat menikah dan tingkat pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi pada 86 subjek yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Alat ukur Domestic Violence Questionnaire digunakan untuk mengidentifikasi kekerasan dalam rumah tangga. Analisis data menggunakan analisis Crosstab dan Chi-Square Test for Independence yang menunjukkan nilai signifikansi bentuk KDRT dengan usia saat menikah adalah 0,872 (p=0,872, p>0,05) dan nilai signifikansi bentuk KDRT dengan tingkat pendidikan adalah 0,905 (p=0,905, p>0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bentuk kekerasan dalam rumah tangga ditinjau dari usia saat menikah dan tingkat pendidikan. Ditinjau dari usia saat menikah dan tingkat pendidikan, subjek penelitian lebih banyak mengalami control violence dibandingkan dengan psycho-physical violence. Kata Kunci:Bentuk KDRT, Usia Saat Menikah, Tingkat Pendidikan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIKAP MASYARAKAT TERHADAP KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (TRIA MASEND VEGASARI, 2020)

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI WILAYAH HUKUM POLRES BENER MERIAH (Restu Putri, 2019)

TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG DILAKUKAN OLEH SUAMI TERHADAP ISTRI (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI KUTACANE) (Irgun Kurniawan, 2020)

UNDERREPORTED WORKPLACE VIOLENCE PADA PERAWAT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN PIDIE: STUDI FENOMENOLOGI (Rosa Galica Gita Gressia, 2020)

THE PROTECTION OF WOMEN AS THE VICTIM OF ECONOMIC ABUSE UNDER INTERNATIONAL HUMAN RIGHTS LAW IN INDONESIA (Rayyan Fakhri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy