//

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN LOKASI USAHA DENGAN KEBERHASILAN WIRAUSAHA PADA USAHA KECIL(STUDI KASUS PADA USAHA MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diah Miranda Nurdin - Personal Name
SubjectENTREPRENEURSHIP - PRODUCTION ECONOMICS
FOOD PRODUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Agribisnis Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kegiatan usaha pada sektor makanan dan minuman telah menjadi salah satu lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Begitu juga di Kota Banda Aceh merupakan daerah yang terkenal dengan cita rasa kuliner yang beragam, sehingga menjadi salah satu penarik minat penduduk Aceh maupun para wisatawan yang berkunjung ke Kota Banda Aceh. Usaha ini memiliki posisi yang baik dalam menunjang perekonomian. Namun sampai saat ini belum berkembang dengan optimal dan berbagai permasalahan menghambat gerak langkah usaha ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor karakteristik wirausaha, kemampuan manajerial dan lokasi usaha dalam keberhasilan wirausaha pada usaha kecil makanan dan minuman di Kota Banda Aceh dengan menggunakan model Analisis Uji Chi Square menggunakan Software Eviews atau SPSS. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang akan diteliti sebanyak 30 responden, hal ini berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan keterbatasan waktu dan tenaga sehingga sampel yang diambil tidak terlalu besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengusaha termasuk golongan umur yang produktif dengan pengalaman usaha antara 2-26 tahun. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa faktor karakteristik wirausaha, kemampuan manajerial dan lokasi usaha memiliki hubungan terhadap keberhasilan wirausaha. Nilai Chi-Square untuk variabel karakteristik wirausaha memiliki nilai positif 0,28 dan < 0,50, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti ada hubungan antara karakteristik wirausaha dengan keberhasilan wirausaha kecil pada usaha makanan dan minuman. Hasil ini menunjukkan dengan memiliki jiwa karakteristik yang baik akan mendorong pengusaha untuk menjalankan berbagai aktivitas usaha untuk terus berusaha mensukseskan usahanya, karena untuk membangun suatu usaha, pengusaha harus memiliki karakter yang kuat. Wirausahawan yang baik akan memiliki jiwa kreativitas, bertanggung jawab, inovasi, komitmen yang tinggi pada pekerjaan, kemandirian dan berani mengambil resiko. Nilai Chi-Square untuk variabel kemampuan manajerial memiliki nilai positif 0,14 dan < 0,50, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti ada hubungan antara kemampuan manajerial terhadap keberhasilan wirausaha kecil pada usaha makanan dan minuman. Hal ini menjelaskan bahwa pengusaha yang memiliki kemampuan manajerial yang baik akan mendapatkan keberhasilan usaha yang lebih besar, karena dalam menjalankan bisnis dibutuhkan perencanaan, pengendalian dan evaluasi usaha yang memadai. Nilai Chi-Square untuk variabel lokasi usaha memiliki nilai positif 0,04 dan < 0,50 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti ada hubungan antara lokasi usaha terhadap keberhasilan wirausaha kecil pada usaha makanan dan minuman. Dalam membuat rencana bisnis, pemilihan lokasi usaha adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETERMINAN KEBERHASILAN USAHA NASABAH PEMBIAYAAN MIKRO SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK BTPN SYARIAH CABANG BANDA ACEH) (SARAH HUMAIRA, 2020)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR DENGAN KEBERHASILAN USAHA TAMBAK UDANG DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUN (T. MOHD. ZULFIKAR, 2019)

IDENTIFIKASI WIRAUSAHA BUMBU MASAK SPESIFIK ACEH (STUDI KASUS UD. ACINDO DESA KAMPUNG AREE KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE) (Darlina, 2020)

KEBERHASILAN WIRAUSAHA KORBAN TSUNAMI DI DESA ULEE PAYA KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Muhazir, 2021)

PERILAKU WIRAUSAHA PADA PEMBUATAN KERUPUK KEDELAI DI DESA DOY KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Rahayu R, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy