//

HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN LENGAN DENGAN KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahriandi - Personal Name
SubjectSPORTS
SWIMMING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : panjang tungkai, panjang lengan, renang gaya bebas Penelitian ini berjudul “Hubungan Panjang Tungkai dan Lengan dengan Kemampuan Renang Gaya Bebas Pada Mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2011”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai dan lengan terhadap kemampuan renang gaya bebas pada mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2011. Jenis penelitian ini dinamakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Angkatan 2011 yang berjumlah 132 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra Angkatan 2011 Prodi Penjaskesrek FKIP Unsyiah yang telah lulus mata kuliah TP. Renang dengan nilai minimal B sebanyak 25 orang, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling (sampel bertujuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) pengukuran panjang tungkai dan lengan, diukur dengan Tes Antrophometri (2) tes kemampuan renang gaya bebas diukur dengan menggunakan tes renang gaya bebas. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara panjang tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas sebesar (r = 0.43), panjang tungkai memberi kontribusi sebesar 18% terhadap kemampuan renang gaya bebas, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara panjang lengan terhadap kemampuan renang gaya bebas sebesar (r = 0.40), panjang lengan memberi kontribusi sebesar 16% terhadap kemampuan renang gaya bebas, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara panjang tungkai dan panjang lengan secara bersama-sama terhadap kemampuan renang gaya bebas sebesar (Ry.x1x2 = 0.43), hal tersebut menunjukan bahwa 18,94% variasi kemampuan renang gaya bebas ditentukan oleh keduaa variabel bebas secara bersama-sama.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2011 (subhan, 2013)

HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA DADA JARAK 20 METER PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2011 (suheris penara, 2013)

KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI TERHADAP RENANG GAYA BEBAS (Mubdi Ussalam, 2015)

KONTRIBUSI DAYA TAHAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2010 (Emil Khaira, 2014)

KONTRIBUSI PANJANG LENGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS PADA MAHASISWA PENJASKESREK UNSYIAH TAHUN 2014 (Almizar Azmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy