PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP


Pengarang

SITI RAHMAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160039

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Siti Rahmah (2018). Perkembangan Upaya Guru Menerapkan Problem Based
Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP
Berbagai upaya yang telah dilakukan guru terhadap siswa terkait penalaran
matematis, namun ketercapaian indikator belum semuanya terpenuhi. Beberapa
model dapat mengatasi persoalan tersebut salah satunya adalah model Problem
Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan
upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa
melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang terdiri dua siklus. Subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas VII SMP.
Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi upaya guru dan tes kemampuan
penalaran matematis. Data y ang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan diuraikan
dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan
secara baik upaya yang dilakukan guru dari 3,45 menjadi 3,96 pada siklus II, dan
terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui upaya guru
menerapkan model Problem Based Learning pada siswa SMPN 2 Siantan Kabupaten
Kepulauan Anambas.
Kata kunci: Kemampuan P enalaran Matematika, Problem Based Learning,Upaya
Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK