//

APLIKASI HERBISIDA GLIFOSAT DAN PARAQUAT PADA SISTEM TANPA OLAH TANAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA, PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG ( ZEA MAYS L.).

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marista Vonna Permata Nandi - Personal Name
SubjectWEEDS - CONTROL - AGRICULTURE
HERBICIDES
CORN - GARDEN CROP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis dan dosis herbisida yang paling baik terhadap penekanan gulma, pertumbuhan dan hasil tanaman jagung pada lahan tanpa olah tanah. Penelitian ini dilaksanakan di Research and Development PT. Syngenta, Desa Balonggandu Kecamatan Jati Sari Kabupaten Karawang Jawa Barat, sejak April sampai dengan Juli 2013. Rancangan yang digunakan ialah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial yang diulang sebanyak tiga kali. Faktor yang diteliti ialah dosis herbisida glifosat 0,82, 1,64 dan 2,48 L ha-1, dosis herbisida paraquat 1,08, 3,6 dan 5,4 L ha-1, penyiangan 3 dan 6 MST dan kontrol. Aplikasi herbisida dilakukan pada saat 7 hari sebelum tanam dan 28 hari setelah tanam. Peubah yang diamati ialah bobot kering gulma, efikasi herbisida terhadap gulma, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot tongkol, bobot biji kering per tongkol dan hasil jagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi herbisida glifosat dan paraquat berpengaruh terhadap bobot kering gulma, efikasi herbisida terhadap gulma, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, diameter tongkol, bobot tongkol, bobot biji kering per tongkol dan hasil jagung, namun tidak berpengaruh terhadap panjang tongkol. Perlakuan TOT dengan menggunakan glifosat dan paraquat dapat menekan pertumbuhan gulma dan memacu pertumbuhan tanaman jagung. Perlakuan herbisida glifosat dengan dosis 1,64 L ha-1 cukup efektif dalam menekan gulma dan hasil jagung tertinggi 7,93 ton ha-1 dan perlakuan herbisida paraquat dengan dosis 3,6 L ha-1 efektif dalam mengendalikan gulma dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil jagung sebanyak 7,13 ton ha-1.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFIKASI HERBISIDA GLIFOSAT TERHADAP BEBERAPA JENIS GULMA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (rahmayani, 2014)

PENGARUH ALELOPATI ALANG-ALANG (IMPERATA CYLINDRICA (L.) BEAUV) DAN HERBISIDA GLIFOSAT SERTA KOMBINASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES L.) (JULITA SARI, 2015)

APLIKASI HERBISIDA GLIFOSAT DAN PARAQUAT PADA BERBAGAI D0S1S SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA R. BR) (ROSLINA, 2021)

KARAKTERISTIK HASIL TANAMAN KEDELAI AKIBAT APLIKASI BERBAGAI DOSIS HERBISIDA OKSIFLUORFEN DAN PENDIMETHALIN (UTI NOVITA SAPUTRI, 2020)

PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN APLIKASI PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L) (Mursalin , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy