STRATEGI KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA KABUPATEN RNACEH TENGAH DALAM MENSOSIALISASIKAN BAHAYA RNNARKOBA KEPADA REMAJA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA KABUPATEN RNACEH TENGAH DALAM MENSOSIALISASIKAN BAHAYA RNNARKOBA KEPADA REMAJA


Pengarang

Hamdani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0910102010044

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

302.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “Strategi Komunikasi Badan Narkotika Kabupaten Aceh Tengah Dalam Mensosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Remaja”, ini bertujuan untuk menggambarkan strategi komunikasi yang digunakan BNK Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif yang mencoba mendeskripsikan secara jelas mengenai strategi komunikasi BNK Aceh Tengah dalam mensosialisasikan bahaya narkoba kepada remaja. Data diperoleh dari wawancara mendalam dengan beberapa subjek penelitian atau informan yang telah ditentukan dengan kriteria mampu memberikan informasi mendalam dan mengetahui strategi komunikasi BNK Aceh Tengah. Hasil penelitian menunjukkan remaja di Kabupaten Aceh Tengah terlibat penyalahgunaan narkoba disebabkan beberapa faktor seperti kurangnya pengawasan orang tua, ingin coba-coba dan terpengaruh pergaulannya. Umumnya, remaja yang terlibat penyalahgunaan narkoba adalah laki-laki. Upaya BNK Aceh Tengah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mencegah remaja dari penyalahgunaan narkoba yaitu dengan mengadakan pertemuan, sosialisasi, penyuluhan dan pembinaan kepada remaja tentang bahaya narkoba serta sanksi ancaman hukuman terhadap pelaku. Strategi komunikasi yang digunakan BNK Aceh Tengah dalam mensosialisasikan bahaya narkoba kepada remaja adalah strategi komunikasi persuasif baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui media massa seperti stiker, radio dan televisi dengan melibatkan berbagai pihak seperti Orang tua, Ulama, Guru, Kepolisian, Kodim, Satpol PP & WH, Badan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, dan Tokoh Masyarakat. Hambatan yang dihadapi oleh BNK Aceh Tengah dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja antara lain adalah terbatasnya fasilitas BNK Aceh Tengah terutama ketersediaan sekretariat BNK Aceh Tengah, masalah pendanaan serta jumlah tenaga penyuluh yang masih terbatas.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Bahaya Narkoba, BNK Aceh Tengah

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK