HUBUNGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANDA ACEH


Pengarang

Krisna Ayu - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101010009

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Menarche merupakan perdarahan pertama kali dari endometruim yang terjadi pada remaja putri dimasa pubertas. Saat ini usia menarche terjadi lebih awal daripada masa lalu akibat berbagai faktor. Usia pada menarche mencerminkan berbagai aspek kesehatan populasi, antara lain aspek pendidikan termasuk tingkat prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat prestasi belajar dengan usia menarche pada siswi pelajar Sekolah Menegah Pertama di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dan rancangan cross sectional. Data dikumpulkan menggunakan angket dan juga dari sekolah. Sampel berjumlah 200 responden yang terpilih dengan teknik stratified random sampling. Data dianalisis dengan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukan rata-rata usia menarche adalah 12,17 tahun(99,0%), yang sebagian siswi(60,5%) memiliki nilai prestasi belajar yang rata-rata dalam kategori sedang. Penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,843 (p > 0,05) yang menunjukan bahwa hubungan antara tingkat prestasi belajar dengan usia menarche tidak bermakna, dan nilai korelasi sebesar -0.014 (r =-0,014) menunjukan derajat kekuatan korelasi yang sangat lemah dengan arah korelasi negatif. Tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat prestasi belajar dengan usia menarche pada siswi pelajar di Banda Aceh.

Kata kunci: Usia menarche, prestasi belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK