PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SISWA MAS DARUL IHSAN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SISWA MAS DARUL IHSAN ACEH BESAR


Pengarang

Eliyanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200150003

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Eliyanti. Pengembangan Handout Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Pada Materi Bioteknologi Siswa MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Pembimbing I, Dr. Hasanuddin, M. Si. Pembimbing II, Dr. Mudatsir, M. Kes.




ABSTRAK

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan handout hasil pengembangan berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi Bioteknologi dan untuk mengetahui handout hasil pengembangan berbasis pendekatan SETS dapat meningkatkan hasil belajar dan retensi siswa telah dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2017 di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis- Design-Develop-Implement-Evaluate). Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII/b MAS Darul Ihsan Aceh Besar yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian handout yang dikembangkan dan soal pilihan ganda. Indikator pencapaian validitas handout adalah persentase keseluruhan penilaian ahli (materi, bahasa dan media) dan siswa. Data yang diperoleh adalah data validitas dan kelayakan handout berbasis pendekatan SETS yang dikembangkan, hasil belajar dan retensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan kelayakan handout berbasis pendekatan SETS yang dikembangkan memiliki tingkat validasi ahli 82,2% dan persentase kelayakan berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli sebesar 87%, guru sebesar 93% dan siswa sebesar 89%. Handout dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat mempertahankan retensi siswa dengan persentase retensi 80% berada pada kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa handout berbasis pendekatan SETS yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan, dapat meningkatkan hasil belajar dan mempertahankan retensi siswa.


Kata Kunci : Pengembangan Handout, Pendekatan SETS, Retensi dan
Bioteknologi.
















vii

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK