ANALISIS POTENSI SUMBER DAYA PESISIR DAN UPAYA KONSERVASI DI KECAMATAN PANTERAJA KABUPATEN PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS POTENSI SUMBER DAYA PESISIR DAN UPAYA KONSERVASI DI KECAMATAN PANTERAJA KABUPATEN PIDIE JAYA


Pengarang

ASMAUL HUSNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200150025

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

577.51

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Asmaul Husna. 2018. Analisis Potensi Sumber Daya Pesisir dan Upaya Konservasi di Kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya.

Pembimbing I Prof. Dr. M. Ali S., M.Si,. Pembimbing II Dr. Abdullah, M.Si,.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria ekologi, kriteria sosial, kriteria ekonomi dan upaya konservasi. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan wawancara dengan teknik Purposive sampling. Data tentang keanekaragaman fauna dan flora yang terdapat di kawasan pesisir Kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya dianalisis dengan menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener, data kriteria sosial dan ekonomi dianalisis dengan persentase dan data upaya konservasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 spesies flora dengan indeks keanekaragaman H ?= 2,27 (Sedang) dan kualitas keanekaragaman sedang. Terdapat 22 spesies fauna dengan indeks keanekaragaman H ?= 3,04 (Tinggi) dan kualitas keanekaragaman sangat baik. Kealamiahan kawasan tinggi dengan nilai 76 % (Tinggi). Sudut pandang untuk pernyataan pengetahuan diperoleh persentase 85% (Tinggi), sikap 64% (Sedang), tindakan 63% (Sedang) dan partisipasi masyarakat untuk pernyataan pengetahuan diperoleh persentase 82% (Tinggi), sikap 52% (Sedang) dan tindakan 58% (Sedang). Kriteria ekonomi dengan pendapatan dominan golongan sedang dengan jenis mata pencaharian dominan adalah nelayan sebanyak 49%. Upaya yang dilakukan adalah dengan tidak memanfaatkan sumber daya secara berlebihan dan melakukan penanaman kembali. Kesimpulan, dari hasil analisis kriteria ekologi, sosial dan ekonomi kawasan Pesisir Kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya berpotensi untuk dijadikan sebagai kawasan konservasi. Upaya konservasi yang dilakukan adalah selalu memperhatikan tingkat pemanfaatan sumberdaya pesisir secara tidak berlebihan baik flora maupun fauna.

Kata kunci : Ekologi, Sosial, Ekonomi, Upaya, Konservasi.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK