//

HUBUNGAN ANTARA PEMASANGAN KATETER DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAMRNRSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RONY A. SAMAD - Personal Name
SubjectURETRA-MEDICINE
CATHERIZATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi di sepanjang saluran kemih, termasuk ginjal itu sendiri akibat proliferasi suatu mikroorganisme. Beberapa penelitian menyebutkan, infeksi saluran kemih merupakan 40% dari seluruh infeksi nosokomial dan dilaporkan 80% infeksi saluran kemih terjadi setelah instrumentasi, terutama oleh kateterisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pemasangan kateter dengan kejadian infeksi saluran kemih pada pasien di ruang rawat inap penyakit dalam RSUDZA Banda Aceh Tahun 2012. Jenis penelitian adalah correlation study. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 perawat yang bekerja dan 35 pasien yang dirawat di ruang rawat inap penyakit dalam RSUDZA Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang terdiri dari 27 item pernyataan dan 2 item hasil laboratorium. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik chi-square, hasil penelitian adalah terdapat hubungan antara pemasangan kateter (P-value 0,004) dengan kejadian infeksi saluran kemih pada pasien di ruang rawat inap penyakit dalam RSUDZA Banda Aceh. Saran bagi perawat adalah untuk dapat mempertahankan prosedur kateterisasi yang benar sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih pada pasien akibat pemasangan kateter. Kata kunci : Kateterisasi, Infeksi Saluran Kemih, infeksi nosokomial. Daftar bacaan : 26 buku + 1 skripsi + 1 jurnal (1983-2011)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA KATETERISASI URETRA TERHADAP INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN PASCA OPERASI ORTHOPEDI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN (Randika Gundra Pratama, 2017)

HUBUNGAN INFEKSI SALURAN KEMIH DENGAN MALNUTRISI PADA PASIEN LANSIA (WAHYU MERCUSI, 2020)

PENGARUH PEMASANGAN DOUBLE-J STENT TERHADAP TIMBULNYA INFEKSI SALURAN KEMIH (Riri Putria, 2015)

HUBUNGAN DIET TINGGI LEMAK DENGAN KEJADIAN BATU SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (thia novita, 2015)

PROFIL URINALISIS PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH YANG DISEBABKAN OLEH STAPHYLOCOCCUS SP DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fitri Amalia Rahma, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy