//

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BUBUR KERTAS DI TK HJ CUT NYAK AWAN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AURA RIZKI WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Motorik halus adalah gerakan tubuh yang berhubungan dengan keterampilan menggunakan otot-otot kecil seperti keterampilan menggunakan jari-jari tangan. Keterampilan motorik halus dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain bubur kertas. Bermain bubur kertas adalah bermain dengan menggunakan kertas yang sudah dihancurkan dengan air dan dicampur dengan lem sehingga membentuk sebuah adonan yang padat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perkembangan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan bermain bubur kertas di TK Hj. Cut Nyak Awan Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perkembangan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan bermain bubur kertas di TK Hj. Cut Nyak Awan Aceh Besar. Keterampilan motorik halus yang diteliti meliputi kemampuan anak dalam mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus dan kemampuan anak dalam melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi. Observasi dilakukan setelah diberikan perlakuan (treatment) yaitu kegiatan bubur kertas. Hasil penelitian menunjukkan 15 anak mengalami perkembangan dalam keterampilan mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus dan melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media. Dengan demikian keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Hj. Cut Nyak Awan dapat berkembang melalui kegiatan bermain bubur kertas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR DI TK IT-HAFIZUL ‘ILMI BAITUSSALAM ACEH BESAR (ROSNITA, 2020)

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DI TK SATU ATAP SD NEGERI ULEE KAREUNG KABUPATEN ACEH BESAR (RUSMINI, 2020)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN 3M DAN MELIPAT DI TK NEGERI DHARMA WANITA TEUNOM (Fitri, 2016)

PENGGUNAAN MEDIA BAHAN BEKAS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-FITRAH ACEH BESAR (Hidayatuna, 2019)

PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN PLAYDOUGH DI TK PERCONTOHAN SIMEULUE (Devi Afnidar, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy