//

TEKNIK SELF AFFIRMATION UNTUK MENGURANGI KECEMASAN AKADEMIK SISWA MAN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sarah Mauliana - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sarah, Mauliana. 2018. Teknik Self Affirmation Untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Kelas XI Man Model Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Abu Bakar, M.Si, (2) Dra. Nurhasanah, M.Pd Kata kunci: Kecemasan Akademik, teknik Self Affirmation Kecemasan Akademik merupakan reaksi dari diri yang merasa tidak mampu untuk melakukan berbagai aktivitas dalam bentuk akademik. Kecemasan akademik ini sering terjadi di sekolah karena siswa memiliki pola pikir yang tidak logis yang sangat berpengaruh pada stabil tidaknya emosi siswa. Untuk menangani permasalahan ini, peneliti menggunakan teknik self affirmation di dalam praktek bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecemasan akademik pada siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self affirmation, dan melihat adanya penurunan kecemasan akademik secara signifikan siswa MAN Model setelah diberikan teknik self affirmation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Group Design. Sampel diambil dengan metode purposive sampling berjumlah 30 orang dari 117 siswa yang memiliki kecemasan akademik tinggi. data dikumpulkan dengan angket berskala 1-4. Uji paired sample sign-test yang dipakai untuk melihat ada atau tidaknya penurunan kecemasan akademik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum diberikan perlakuan teknik self affirmation dengan nilai rata-rata (mean) kecemasan akademik pada siswa sebesar 77,60>60,03 nilai rata-rata (mean) setelah perlakuan. Rata-rata penurunan nya adalah sebesar 17,57. Dimana tabel binominal n=30 dan p=0,01 sebagai taraf signifikansi, X ≤ p adalah 0,000. Karena 0,000 ≤ 0,01 maka dapat dikatakan bahwa teknik self affirmation dapat menurunkan kecemasan akademik secara berarti dan signifikan pada siswa.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)

TEACHERS’ PERCEPTIONS AND BARRIERS TOWARD ENGLISH LANGUAGE TEACHING AND LEARNING PROCESS VIA ONLINE LEARNING DURING COVID-19 (A SURVEY AT SENIOR HIGH SCHOOL IN BANDA ACEH AND ACEH BESAR) (Cut Meurak Bulan Aflah Aksyah, 2021)

THE PROCESS OF TEACHING LISTENING AT DEPARTMENT OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION OF AR-RANIRY STATE ISLAMIC UNIVERSITY BANDA ACEH (A DESCRIPTIVE STUDY AT THE FIRST YEAR STUDENTS) (Dara Yusnida, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy