//

HUBUNGAN PERSEPSI KELUARGA TENTANG KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN ASUHAN KEPERAWATAN ANAK BERFOKUS PADA KELUARGA DI RUANG SEURUNE 1 RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL RNABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anita Wati - Personal Name
SubjectCHILD CARE SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 04 Januari 2013 xiv Halaman + VI Bab + 74 Halaman + 10 Tabel + 1 Skema + 17 Lampiran ANITAWATI NIM. 10071001190014 Hubungan Persepsi Keluarga Tentang Komunikasi Perawat Dengan Asuhan Keperawatan Anak Berfokus Pada Keluarga Di Ruang Seurune 1 Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2012 ABSTRAK Keterlibatan keluarga dalam merawat anak merupakan dasar dalam pemberian asuhan keperawatan anak yang berfokus pada keluarga. Hal ini sangat penting mengingat anak selalu membutuhkan orang tua selama di rumah sakit baik dalam perawatan maupun pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi keluarga tentang komunikasi perawat dengan asuhan keperawatan anak berfokus pada keluarga di ruang Seurune 1 Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2012. Desain penelitian bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study, teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive random sampling, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik angket. Populasi 867 keluarga dan sampel 90 responden. Waktu pengumpulan data dilakukan pada tanggal 16 Oktober - 05 November 2012. Hasil penelitian secara umum diketahui terdapat hubungan persepsi keluarga tentang komunikasi perawat dengan asuhan keperawatan anak berfokus pada keluarga di ruang Seurune 1 Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (p=0.002), adanya hubungan antara persepsi keluarga tentang komunikasi verbal perawat dengan asuhan keperawatan anak berfokus pada keluarga (p=0.009) dan adanya hubungan antara persepsi keluarga tentang komunikasi nonverbal perawat dengan asuhan keperawatan anak berfokus pada keluarga (p=0,004). Diharapkan kepada pelayanan kesehatan terutama perawat dapat meningkatkan komunikasi yang efektif dalam memberikan asuhan keperawatan anak, memfasilitasi hubungan orang tua dengan anak selama di rumah sakit dan meningkatkan kemampuan orang tua dalam merawat anaknya sehingga orang tua mempunyai kesempatan untuk meneruskan peran dan tugasnya merawat anak selama di rumah sakit serta anak menjadi nyaman saat menerima asuhan keperawatan. Kata Kunci : Persepsi, keluarga, komunikasi perawat, anak Daftar bacaan : 20 buku, 6 sumber internet (1998 - 2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERSEPSI KELUARGA TENTANG KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN ASUHAN KEPERAWATAN ANAK BERFOKUS PADA KELUARGA DI RUANG SEURUNE 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH 2012 (Anitawati, 2014)

HUBUNGAN ATRAUMATIC CARE DENGAN DAMAPK PSIKOLOGIS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ROSLAINI, 2014)

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ulfa Maulida, 2018)

HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) PERAWAT PELAKSANA TERHADAP PENERAPAN PROSES KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Lina Fati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy