PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAN I LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAN I LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

Yanizar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200150006

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Yanizar. 2017. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan Terhadap Berpikir Kritis, Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMAN I Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan.
Pembimbing I Dr. Hasanuddin, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. M. Ali S., M.Si.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis PBL pada materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik SMAN I Labuhanhaji Timur. Pengambilan data dilakukan pada bulan September 2016, dengan metode true experimental design dengan pre-test post-test, control group design yang dilaksanakan di SMAN 1 Labuhanhaji Timur, pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan; 1) Tes berpikir kritis, untuk melihat pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap berpikir kritis; 2) Angket motivasi, untuk melihat pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap motivasi belajar; 3) tes hasil belajar, untuk melihat pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Uji homogenitas dilakukan dengan uji F, uji normalitas dengan uji lilifors, dan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Hasil pengujian dilakukan untuk melihat homogenitas dan kenormalan data dan menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu untuk berpikir kritis 2,969 > 1,685, motivasi belajar 3,465 > 1,685 dan hasil belajar kognitif peserta didik 2,611 > 1,685. Simpulan terdapat pengaruh signifikan pembelajaran dengan LKPD berbasis PBL terhadap keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan di SMAN 1 Labuhanhaji Timur Aceh Selatan.

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan.
?
ABSTRACT



.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK