//

BENTUK PEMBERITAAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afrizal - Personal Name
SubjectCOMUNICATION - NEWSPAPERS
POLITICAL CAMPAIGNS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAKS Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Aceh periode 2012 – 2017 yang berlangsung pada tanggal 9 April 2012 yang melibatkan 2 kontestan kandidat incumbent dan Non incumbent. Hal inilah yang kemudian menjadi sorotan menarik bagi media massa untuk memuat berita seputar kampanye politik tersebut. Salah satu di antara media dimaksud adalah Harian Serambi Indonesia yang selalu aktif ambil bagian dalam peliputan dan pemberitaan tentang kampanye politik ini. Menarik untuk diteliti tentang pemberitaan Harian Serambi Indonesia terkait kampanye pemilihan Kepala Daerah di Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Surat Kabar Harian Serambi Indonesia membingkai (framing) pemberitaan mengenai kampanye politik pemilihan Kepala Daerah di Aceh periode 2012-2017 edisi 24 Maret – 5 April 2012. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penenlitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis framing model Zondhang Pan dan Kosicky. Peneliti akan menganalisis pemberitaan kampanye politik calon gubernur pada Harian Serambi Indonesia dan menyimpulkan hasil temuan dari analisis tersebut untuk dipaparkan secara deskriptif. Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana media mengkonstruksi peristiwa kampanye politik calon gubernur dalam pemberitaannya dan ideologi yang tercermin dari berita tersebut. Fokus dalam Penelitian ini adalah sebatas mengkaji framing pemberitaan tentang kampanye politik pemilihan Kepala Daerah di Aceh periode 2012-2017 edisi 24 Maret - 5 April yang dimuat dalam Surat Kabar Harian Serambi Indonesia. Pemberitaan itu terkait tentang pemberitaan terhadap kelima calon Gubernur pemilihan Kepala Daerah di Aceh periode 2012-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Harian Serambi Indonesia menggambarkan aktivitas kampanye politik pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2012-2017 melalui kampanye terbuka dan debat visi misi dari tiap-tiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh. Harian Serambi Indonesia memiliki kecendrungan frame pemberitaan tentang bagaimana proses kampanye politik masing-masing calon gubernur dan wakil gubernur yang dikontruksikan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Selain itu Serambi Indonesia juga menggambarkan proses jalannya kampanye dan kutipan berupa visimisi yang disampaikan juru kampanye (jurkam) selalu diberitakan sesuai dengan fakta yang ada. Semua kampanye politiknya masing-masing pasangan diceritakan sesuai apa adanya tidak dilebihkan atau dikurangkan. Kata Kunci : Kampanye Politik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ayu Haryati, 2016)

PROSES GATEKEEPING PEMBERITAAN LGBT PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (QURRATA AYUNI, 2019)

SISTEM PEMBERITAAN OPINI MEDIA SERAMBI INDONESIA (Rismunaldi, 2020)

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH (Cut Meutia Dewi, 2015)

BENTUK PEMBERITAAN POLEMIK BENDERA ACEH ANTARA PEMERINTAH PUSAT DENGAN PEMERINTAH ACEH (STUDI KOMPARATIF TERHADAP PEMBERITAAN PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH) (Mutiara Indaswari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy