EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MATERI FLUIDA STATIS PADA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MATERI FLUIDA STATIS PADA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH


Pengarang

HAIFA HUMAIRAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103030035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Humairah, Haifa, 2019. Efektivitas Media Interaktif untuk Mengatasi Miskonsepsi Materi Fluida Statis Pada Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. A. Halim, M.Si. (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd.

Kata kunci: Media interaktif, Miskonsepsi, Fluida statis

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan media interaktif dalam mengatasi miskonsepsi materi fluida statis pada siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 48 orang di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes diagnostik, angket validasi pakar media, konten dan perangkat pembelajaran serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Korelasi Product Moment didapatkan sig. 0,003 kelas eksperimen dan sig 0,000 kelas kontrol yang artinya terdapat hubungan signifikan antara nilai posttest dan miskonsepsi siswa kelas eksperimen dan kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif efektif untuk mengatasi miskonsepsi pada siswa. Hal ini terlihat dari persentase rata-rata penurunan miskonsepsi kelas eksperimen sebesar 82% dan kelas kontrol sebesar 61% juga nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 0,88 dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,447 dalam kategori sedang. Penilaian terhadap media interaktif dilakukan oleh pakar media dan konten serta siswa dalam bentuk angket sehingga diperoleh hasil persentase media sebesar 81,5%, persentase konten media sebesar 85% dan tanggapan siswa mengenai media mencapai persentase 86,68% serta persentase validasi perangkat pembelajaran sebesar 75%.?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK