RAGAM PERTANYAAN YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

RAGAM PERTANYAAN YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA


Pengarang

SITI MAISARAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306102010059

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Siti Maisarah. 2017. Ragam Pertanyaan yang digunakan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya . Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Saifuddin Mahmud, M.Pd. (2) Subhayni, S.Pd.,M.Pd.

Kata Kunci: ragam pertanyaan, jenis kalimat tanya, guru

Penelitian yang berjudul “Ragam Pertanyaan yang Digunakan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya” mengkaji tentang ragam pertanyaan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) ragam pertanyaan yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya dan (2) jenis kalimat tanya yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: (1) mencatat dan merekam semua dialog guru dengan siswa pada saat pembelajaran berlangsung;(2) mengumpulkan data rekaman dengan teknik catat; (3) mengelompokkan data berdasarkan variabel dan (4) menganalisis dan mendeskripsikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan enam ragam pertanyaan yang bervariasi yakni yang meliputi: (1) ragam pertanyaan pengetahuan; (2) ragam pertanyaan pemahaman; (3) ragam pertanyaan terapan; (4) ragam pertanyaan analisis; (5) ragam pertanyaan sintesis; dan (6) ragam pertanyaan evaluasi dan menggunakan empat jenis kalimat tanya: (1) kalimat tanya biasa; (2) kalimat tanya retorik; (3) kalimat tanya klarifikasi/konfirmasi; (4) kalimat tanya tersamar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK