//

JUMLAH SALMONELLA SP PADA USUS AYAM BROILER YANG DIPAPARKAN STRES PANAS DAN DIBERI PAKAN YANG MENGANDUNG JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfiat - Personal Name
SubjectFEEDS - ANIMAL HUSBANDRY
CHICKEN (MEAT)
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

JUMLAH Salmonella sp PADA USUS AYAM BROILER YANG DIPAPARKAN STRES PANAS DAN DIBERI PAKAN YANG MENGANDUNG JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui jumlah Salmonella sp pada usus ayam broiler yang dipaparkan stres panas dan diberi pakan yang mengandung jintan hitam (Nigella sativa). Penelitian ini menggunakan 15 ekor ayam broiler berumur 28 hari. Sampel yang diambil adalah usus (duodenum, jejenum, ileum, dan sekum). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan analisis varian (ANAVA) Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola satu arah dengan 5 perlakuan 3 ulangan. Perlakuan P0 diberi pakan komersial, P1 diberi pakan komersial dan stres panas, P2 diberi pakan komersial, jintan hitam 4% dan stres panas, P3 diberi pakan komersial, jintan hitan 6% dan stres panas, P4 diberi pakan komersial, jintan hitan 8% dan stres panas. Rata-rata ± SD Salmonella sp (Log10 CFU/g) pada usus (duodenum, jejenum dan ileum) pada perlakuan P0, secara berurutan 2,26±2,53; 3,76±0,68; 0,59±1,02; 1,44±1,58. Perlakuan P1,P2,P3 dan P4 menghasilkan hasil negatif pada usus halus (duodenum, jejenum dan ileum) sementara sekum dengan rataan 1,2±2,07; 0,66±1,15; 1,49±2,58; 2,91±3,26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan yang mengandung jintan hitam (Nigella sativa) 4,6 dan 8% hanya dapat menurunkan jumlah Salmonella sp pada usus halus ayam broiler (duodedum, jejenum dan ileum) yang dipaparkan stres panas. Kata kunci: cekaman panas, ayam broiler, Salmonella sp dan jintan hitam (Nigella sativa)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH ESCHERICHIA COLI PADA USUS AYAM BROILER YANG DIPAPARKAN STRES PANAS DAN DIBERI PAKAN YANG MENGANDUNG JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) (NURSANIAH TUPANI P, 2018)

JUMLAH BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PADA USUS AYAM BROILER YANG DIPAPARKAN STRES PANAS DAN DIBERI PAKAN YANG MENGANDUNG JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) (Sukarman, 2020)

SIFAT FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING AYAM BROILER YANG DIPAPARKAN STRES PANAS DAN DIBERI PAKAN YANG MENGANDUNG JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) (Saydul Akram, 2018)

KADAR PROTEIN DAN AIR DAGING AYAM BROILER YANG DIBERI JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) DALAM PAKAN DAN PAPARAN STRES PANAS (WITA PAULA, 2018)

KADAR KOLESTEROL DAGING AYAM BROILER YANG DIBERI JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) DALAM PAKAN DAN PAPARAN STRES PANAS (Dina Khairani Daulay, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy