PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

ZAKIYATURRIDHA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103010031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Zakiyaturridha. 2019. Prevalensi Nematoda Gastrointestinal pada Feses Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Abdullah, M. Si., (2) Iswadi, S.Pd., M. Si.

Kata Kunci: Prevalensi, Nematoda Gastrointestinal, Gajah Sumatera.

Salah satu penyakit yang sering menyerang gajah yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit. Parasit dalam hal ini adalah parasit pada bagian gastrointestinal. Parasit gastrointestinal ini dapat mengganggu kesehatan induk semang. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Agustus sampai dengan September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana prevalensi nematoda gastrointestinal pada feses Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree Kabupaten Aceh Besar. Parameter Penelitian adalah keberadaan telur cacing dari parasit nematoda pada feses gajah. Perhitugan prevalensi pada Gajah Sumatera dihitung menggunakan metode McMaster dan menggunakan metode apung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prevalensi nematoda gastrointestinal pada Gajah Sumatera di PKG Saree adalah 100% dengan tingkat intensitas infeksi parasit ringan. Hal ini dikarenakan pengaruh pemberian obat cacing yang telah diberikan pada gajah dua bulan sebelum penelitian dilakukan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK