KANDUNGAN TIMBAL PADA KERANG DI EKOSISTEM MANGROVE LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KANDUNGAN TIMBAL PADA KERANG DI EKOSISTEM MANGROVE LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Cut Juliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103010006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Juliana, Cut. 2018. Kandungan Timbal pada Kerang di Ekosistem Mangrove Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Prof. Dr. Drs. M. Ali S., M. Si., (2) Mimie Saputri, S. Pd., M. EEL.
Kata Kunci: Timbal (Pb), Kerang, Mangrove

Logam berat yang terdapat dalam badan perairan akan mengalami proses pengendapan dan terakumulasi dalam sedimen dan dapat terakumulasi dalam tubuh biota yang ada dalam perairan termasuk kerang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui spesies kerang dan menganalisis kandungan timbal pada kerang di ekosistem mangrove Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret sampai November 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengambilan sampel secara acak (Random Sampling) dan uji kandungan logam dengan metode destruksi basah dengan menggunakan alat Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Analisis data tentang spesies kerang dilakukan secara deskriptif, sedangkan data kandungan timbal diperoleh dari hasil analisis alat AAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 7 spesies kerang di ekosistem mangrove Lambada Lhok yaitu Anadara antiquata, Anadara granosa, Anadara gubernaculum, Gafrarium pecnatum, Corbicula javanica, Polymesoda erosa dan Placuna placenta. Nilai rata-rata kandungan timbal pada stasiun pengamatan adalah 0,1778 ppm, belum melampaui ambang batas dan layak untuk dikonsumsi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK