//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD RIFQI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ECOSYSTEMS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Tidak tercapainya hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem disebakan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya kemampuan berpikir metakognitif peserta didik dalam mengatur dan mengolola proses pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan metakognitif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode experimental research dengan menggunakan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 389 peserta didik yang tersebar pada sepuluh sekolah yang terakteditasi B di SMAN Kabupaten Bireuen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 117 peserta didik yang tersebar pada tiga sekolah meliputi SMAN 1 Samalanga, SMAN 2 Samalanga dan SMAN 1 Peulimbang, pemilihannya dilakukan secara randam sampling. Teknik pengumpulan data metakognitif dilakukan dengan memberikan lembar angket kesadaran metakognitif, sedangkan hasil belajar dilakukan dengan memberikan pretes dan postes dalam bentuk tes objektif. Hasil analisis metakognitif peserta didik diperoleh Zhitung > Ztabel (7,6101 > 1,96). Analisis hasil belajar peserta didik diperoleh Zhitung > Ztabel (4,7481 > 1,96). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan metakognitif peserta didik pada materi ekosistem di SMAN Kabupaten Bireuen. Kata kunci : hasil belajar, metakognitif, problem based learning, SMAN Kabupaten Bireuen

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021)

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy