//

EVALUASI TINGKAT KEKUMUHAN DAN PENANGANAN PADA PERMUKIMAN DESA BALE ATU KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARIE JULIANDA - Personal Name
SubjectHUMAN SETTLEMENT
HOUSING RENEWAL - AREA PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu kabupaten yang memiliki permukiman kumuh. Berdasarkan SK Bupati Aceh Tengah No. 188.55/775/DCKP /2014, penetapan lokasi perumahan dan permukiman kumuh di Kabupaten Aceh Tengah meliputi 23 desa di 6 kecamatan, dengan luas total 189,59 Ha. Desa Bale Atu yang terletak di Kecamatan Lut Tawar terdapat salah satu dusun yang sangat kumuh dan mempunyai luas kumuh 0,56 Ha dari luas total 2,5 Ha. Selain itu Desa Bale Atu ini terletak di pusat Kota Takengon dan pusat perdagangan sebagai kawasan strategis, yang segera harus dilakukan penanganan agar kawasan kumuh tidak meluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kekumuhan pada permukiman Desa Bale Atu saat ini, dan mengidentifikasi bentuk penanganan permukiman kumuh saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara, dan metode kuantitatif melalui sistem pembobotan. Evaluasi tingkat kekumuhan dan penanganan dilakukan berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Permen PUPR RI) No. 02/PRT/M/2016. Evaluasi tingkat kekumuhan meliputi aspek kondisi kekumuhan, aspek legalitas lahan, dan aspek pertimbangan lain. Bentuk penanganan dilakukan berdasarkan tipologi permukiman kumuh dan penanganan fisik infrastruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekumuhan permukiman di Desa Bale Atu adalah kumuh ringan dengan perolehan total nilai skor sebesar 23, dan tingkat kekumuhan seluruh dusun adalah kumuh ringan dimana perolehan total nilai skor Dusun Barat sebesar 31, Dusun Timur sebesar 33, Dusun Utara sebesar 29, dan Dusun Selatan sebesar 21. Bentuk penanganan permukiman kumuh di Desa Bale Atu berdasarkan tipologi dilakukan melalui penanganan tipologi perbukitan, dan berdasarkan fisik infrastruktur dilakukan melalui pola pemugaran. Penanganan permukiman kumuh di Desa Bale Atu dan seluruh dusunnya masuk dalam skala prioritas penanganan ke 3 di Kecamatan Lut Tawar. Kata Kunci: Kawasan, permukiman, kumuh, penanganan, tipologi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI TINGKAT KEKUMUHAN DAN SOLUSI PENANGANAN PADA KAWASAN PERUMAHAN PASAR LAMBARO KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (HAIDI ADLAN, 2021)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEDAGANG PASAR INPRES BALE ATU KABUPATEN ACEH TENGAH (BULQISA PUTRI GAWA, 2021)

ANALISA TINGKAT KERAWANAN KEBAKARAN PERMUKIMAN DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Nur Bazelly, 2016)

PENGARUH PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP TERBENTUKNYA PERMUKIMAN KUMUH (STUDI KASUS : DESA ALUE NAGA, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH) (AULIA RAHMAH, 2018)

PENDAPATAN DAN PENGELUARAN PETANI KOPI DI DESA DALING KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (fitria mayani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy