EFIKASI DIRI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KOMPETENSINYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFIKASI DIRI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KOMPETENSINYA


Pengarang

MUTIARA SARI TOBING - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104030055

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Tobing, Mutiara Sari. 2018. Efikasi Diri Guru Bimbingan dan Konseling
Terhadap Kompetensinya. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Drs. Syaiful Bahri, M.Pd., (2) Nurbaity, S.Pd., M.Ed.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Kompetensi, Guru Bimbingan dan Konseling
Efikasi diri merupakan salah satu aspek pengetahuan tentang diri atau suatu sikap
perasaan yakin atas kemampuan diri sendiri dalam menjalankan suatu tugas, yang
dapat mengembangkan kesadaran diri, berpikir positif dan, untuk mencapai suatau
tujuan termsuk dalam mengahadapi segala hambatannya. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat gambaran efikasi diri guru Bimbingan dan Konseling terhadap
kompetensinya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dekriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru Bimbingan dan
Konseling di Aceh yang bersedia merespon dan mengisi angket online yang
dibuat dengan website Google From lalu disebarkan melalui sosial media
WhatsApp maupun Facebook serta angket hard copy disebarkan pada forum
kegiatan-kegiatan guru Bimbingan dan Konseling yaitu 105 Guru BK yang terdiri
dari 75,2% berlatar belakang pendidikan sajana S-1 Bimbingan dan Konseling
dan 24,8% S-1 Non Bimbingan dan Konseling, untuk jenis kelamin 24,8% laki
laki dan 75,2% perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan angket
dengan skala 11 untuk dimensi level, Skala 5 untuk dimensi strenght dan
generality. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk
mengelompokkan hasil penelitian dalam bentuk kategori. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru Bimbingan dan Konsling di Aceh dominan
menganggap tingkat kesulitan kompetensi Bimbingan dan Konseling pada
kategori sedang dan dominan menganggap tingkat keyakinan kompetensi
Bimbingan dan Konseling pada kategori yakin bahwa mereka mampu
melaksanakan kompetensi Bimbingan dan Konseling dengan kompetensi
profesional yang secara umum dianggap lebih sulit dan lebih lemah efikasi dirinya
dibandingkan dengan kompetensi yang lain yaitu kompetensi pedagogik, pribadi
dan sosial.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK