//

GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZUHAIRA F - Personal Name
SubjectSTRESS - MEDICINE
OLDERLY PERSONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 19 Oktober 2012 xv Halaman + VI Bab + 100 Halaman + 17 Tabel + 1 Skema + 19 Lampiran ZUHAIRA F NIM. 0807101020029 GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Perubahan pada aspek fisik/fisiologis, psikologis, dan social dapat menyebabkan stres pada lansia. Stimuli yang mengawali atau mencetuskan perubahan disebut stressor. Sumber stres (stressor) dapat terjadi pada lansia yang tinggal di rumah bersama keluarga maupun lansia yang di panti. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran stressor pada lansia yang tinggal di rumah bersama keluarga dan di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh dengan desain deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian adalah 84 responden yang tinggal di Gampong Pineung dan 58 responden yang tinggal di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling metode purposive sampling dan diperoleh jumlah responden sebanyak 33 responden di Gampong Pineung dan 32 responden di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang. Teknik pengumpulan data wawancara terpimpin dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk dichotomous choice yang terdiri dari 26 item pertanyaan. Dari hasil penelitian diperoleh stressor lansia di Gampong Pineung berada pada kategori memiliki stressor dengan frekuensi 19 orang (57,6%). Begitu juga dengan stressor lansia di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh berada pada kategori memiliki stressor dengan frekuensi 21 orang (65,6%). Mean untuk stressor pada lansia yang tinggal di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh lebih tinggi (12,8) dibandingkan dengan lansia yang tinggal di Gampong Pineung (10,7). Dapat disimpulkan bahwa stressor pada lansia di Gampong Pineung dan di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang berada pada kategori memiliki stressor. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada pengelola panti dan keluarga lansia agar dapat memberikan dukungan yang lebih kepada lansia terkait stres sehingga dapat mengurangi timbulnya stres pada lansia. Kata kunci : Stressor, Lansia Daftar Bacaan : 22 Buku (2000 - 2008), 10 Bahan Internet, 7 Jurnal, 4 Skripsi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS RNDINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA RNGEUNASEH SAYANG BANDA ACEH RNTAHUN 2013 (Hafizah , 2014)

PERBANDINGAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MUHAMMAD RIZAL, 2016)

HUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN STRES PADA LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2014 (leni noviani, 2014)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KAREENG 2015 (aditya, 2015)

HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS(UPTD)RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2014 (Gusti Sri Vantona, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy