//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN RESPON EMOSIONAL PASIEN PASCA STROKE DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURLINAWATI - Personal Name
SubjectSTROKE (DISORDER)-MEDICINE
FAMILY
EMOTIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 21 Desember 2012 VI Bab + 73 halaman + 12 tabel + 1 skema + 18 lampiran NURLINAWATI 08907101190017 HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN RESPON EMOSIONAL PASIEN PASCA STROKE DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Pasien stroke pada mula serangan akan menunjukkan reaksi peningkatan ketegangan secara emosional dimana pasien merasa khawatir, kurang berdaya, cemas serta malu akibat keadaan fisik nya. Respon emosional yang ditunjukan oleh pasien dapat berpengaruh terhadap proses kesembuhan pasien tersebut. Supaya respon emosional yang diperlihatkan oleh pasien lebih baik sangat diperlukan dukungan dari orang terdekat dalam hal ini adalah keluarga. Keluarga diharapkan dapat memberikan dukungan kepada pasien supaya pasien merasa lebih aman dan terhindar dari tekanan emosional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan respon emosional pasien pasca stroke di ruang rawat saraf Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh 2012. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober sampai dengan 15 November 2012, Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif. Desain penelitian cross sectional study melalui pendekatan purposive sampling dengan populasi sebanyak 275 pasien dan jumlah sampel 38 responden. Pengumpulan data dengan membagi kuesioner yang terdiri dari 30 item pernyataan. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik chi-square, hasil penelitian adalah terdapat hubungan antara dukungan informasional keluarga (P-value 0,011), dukungan penilaian (P-value 0,002), dukungan instrumental (P-value 0,018) serta dukungan emosional (P-value = 0,005) terhadap perubahan respon emosional pasien pasca stroke. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga (P-value 0,000) dengan respon emosional pasien pasca stroke di ruang rawat saraf Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2012. Saran bagi keluarga adalah agar selalu mendampingi dan mendukung pasien agar pasien merasa aman dan terhindar dari tekanan emosional. Kata kunci : Stroke, respon emosional, dukungan keluarga Daftar bacaan : 24 buku + 4 Jurnal internet (1998 - 2010)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA TENTANG FAKTOR RISIKO YANG DAPAT DIKONTROL DENGAN PENCEGAHAN SERANGAN STROKE BERULANG DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Muhammad Syah, 2013)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS RNHIDUPPASIEN STROKE DI RUANG REHABILITASI MEDIK RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2014 (EKA SUNNIATI, 2014)

DUKUNGAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (FAHRIZAL, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEMAMPUAN RNMELAKUKAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA PASIEN POST RNSTROKE DI POLIKLINIK SARAF BLUD RUMAH SAKIT RNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2013 (FERI FERDIAN KAMATARA, 2014)

DESKRIPSI DEPENDENT CARE PADA PASIEN STROKE DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (KHAIRI RIZKANA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy