//

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG DIABETES MELLITUS DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PADA LANSIA DI DESA LAMBHEU KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUPUT ANGGRAINI - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS - MEDICINE
OLDERLY PERSONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI, Oktober 2012 PUPUT ANGGRAINI NIM. 0807101020017 xv + VI bab + 83 halaman + 12 tabel + 1 skema + 14 lampiran Hubungan Pengetahuan Tentang Diabetes Mellitus Dengan Upaya Pencegahan Pada Lansia Di Desa Lam Bheu Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar Tahun 2012 ABSTRAK Penyakit diabetes mellitus masih diperkirakan terus meningkat di Indonesia dikarenakan terjadinya perubahan perilaku dan gaya hidup moderen, untuk itu sangat penting melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap penyakit diabetes mellitus dengan cara mengubah perilaku dan gaya hidup sehat. Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan dan perilaku seseorang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang diabetes mellitus dengan upaya pencegahan pada lansia di Desa Lam Bheu. Jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian adalah 797 responden dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan besar sampel 89 responden. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 5-10 September 2012 menggunakan teknik pengumpulan data wawancara terpimpin dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk dichotomous choice untuk variabel independen dan bentuk likert untuk variabel dependen. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. hasil penelitian adalah ada hubungan antara pengetahuan tentang pengertian diabetes mellitus (P-value 0,009), tanda dan gejala diabetes mellitus (P-value 0,001), faktor resiko diabetes mellitus (P-value 0,009) dan pencegahan diabetes mellitus (P-value = 0,001) dengan pencegahan diabetes mellitus pada lansia. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan diabetes mellitus dengan upaya pencegahan pada lansia di Desa Lam Bheu Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar Tahun 2012. Diharapkan kepada lansia untuk dapat mempertahankan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit diabetes mellitus. Kata Kunci : Diabetes mellitus, pengetahuan, upaya pencegahan, lansia Daftar Bacaan: 40 buku, 3 bahan internet, 1 jurnal, 4 skripsi, (2000-2011)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DENGAN DIABETES MELLITUS DI KOTA BANDA ACEH (DIAN NELLISA, 2021)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENGETAHUANRNDAN SIKAP DALAM PENATALAKSANAAN DIET PADA RNPENDERITA DIABETES MELLITUS DI KECAMATAN RNDARUL IMARAH ACEH BESAR (YUNIHA ASTUTI, 2015)

HUBUNGAN TINDAKAN PATUH DALAM PENGENDALIAN DIABETES MELLITUS DENGAN KADAR GULA DARAHPADA LANSIA DI KECAMATAN SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM (Henni Oktavianis, 2020)

GANBARAB BEBAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS DI DESA LAMBHEU ACEH BESAR (Indah Purnama Sari, 2016)

HUBUNGAN POLA MAKAN, USIA, DAN GENETIK DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD MEURAXA BANDA ACEH (M. Alfajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy