OPTIMALISASI SIFAT FISIS DAN MEKANIK HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG TELUR AYAM RAS SEBAGAI KANDIDAT BONE GRAFT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

OPTIMALISASI SIFAT FISIS DAN MEKANIK HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG TELUR AYAM RAS SEBAGAI KANDIDAT BONE GRAFT


Pengarang

Farahyatul Ulfa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1408102010013

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian tentang optimalisasi sifat fisis dan mekanik hidroksiapatit dari cangkang telur ayam ras sebagai kandidat bone graft. Pada penelitian ini hidroksiapatit disintesis dari serbuk cangkang telur ayam ras yang telah dikalsinasi dan kemudian direaksikan dengan asam fosfat (H3PO4) serta disintering dengan suhu 900oC selama 2 jam. Hidroksiapatit yang telah disintesis lalu dicetak menjadi pelet bone graftmenggunakan hydrolic press. Selanjutntya pelet bone graft disintering dengan berbagai variasi suhu yaitu 750oC, 800oC, 850oC, 900oC, dan 1000oC. Kemudian dilakukan karakterisasi sifat fisis berupa porositas dan sifat mekanik berupa kuat tekan agar diperoleh bone graft yang sesuai dengan karakteristik tulang alami. Berdasarkan hasil karakterisasi XRD dapat diketahui bahwa fasa hidroksiapatit telah berhasil disintesis. Berdasarkan hasil karakterisasi menunjukkan bahwa suhu sintering mempengaruhi sifat fisis dan mekanik bone graft dimana persentase porositas menurun seiring dengan meningkatnya suhu sintering, sedangkan nilai kuat tekan meningkat seiring dengan meningkatnya suhu sintering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bone graft yang memenuhi karakteristik tulang alami adalah bone graft yang disintering pada suhu 750oC dan 800oC, dengan persentase porositas 48,26% dan 41,28% serta nilai kuat tekan 6,436 MPa dan 8,496 MPa yang dapat diaplikasikan pada tulang cancellous di bagian calvaries plate, sedangkanbone graft yang disintering pada suhu 850oCmemiliki persentase porositas 32,17% dan nilai kuat tekan 10,94 MPa dapat diaplikasikan pada tulang cancellous di bagianspinal spacer dan lamina spacer.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK