//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN TINGKAT STRES ORANG TUA PASIEN THALASSEMIA DI RUANG SENTRA THALASSEMIA BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novarina Devi - Personal Name
SubjectTHALASSEMIA - MEDICINE
STRESS - PSYCHIATRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITASSYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 28 Desember 2012 XV Halaman + VI Bab + 85 Halaman + 9 Tabel + 1 Skema + 20 Lampiran NOVARINA DEVI NIM. 0807101020067 Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Stres Orang Tua Pasien Talasemia Di Ruang Sentral Talasemia Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2012 ABSTRAK Talasemia merupakan penyakit anemia hemolitik dimana terjadi kerusakan sel darah merah didalam pembuluh darah sehingga umur eritrosit menjadi pendek (kurang dari 120 hari). Penyebab kerusakan tersebut adalah Hb yang tidak normal sebagai akibat dari gangguan dalam pembentukan jumlah rantai globin atau struktur Hb. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan tingkat stres orang tua pasien talasemia. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional study. Populasinya adalah orang tua yang memiliki anak dengan talasemia. Tehnik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling, yaitu sebanyak 52 sample. Alat pengumpulan data berupa lembaran angket (kuesioner) dengan skala likkert terdiri dari 24 pernyataan dan skala dicotomous terdiri dari 20 pertanyaan. Data dianalisis secara manual menggunakan uji chi-square dengan confiden interval 95% dan α = 0,05 (5%). Pengujian hipotesa jika nilai x2 > 0,05 maka Ho diterima, bila x2 < 0,05 maka Ho ditolak. Pengumpulan data dilakukan tanggal 26 November sampai 15 desember 2012 di Ruang Sentral Talasemia RSUDZA Banda Aceh Tahun 2012. Hasil analisa didapatkan nilai x2 < 0,001 dengan rincian untuk pengetahuan tentang tanda dan gejal (0,008), dan penatalaksanaan (0,004). Untuk tingkat stres dengan rincian ringan (1-20) sedang (21-40) dan berat (41-60). dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan tingkat stres orang tua pasien talasemia di Ruang Sentral Talasemia RSUDZA Banda Aceh tahun 2012. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan kepada tenaga kesehatan khususnya perawat agar dapat memberikan informasi secara akurat kepada orang tua pasien talasemia tentang tanda dan gejala terutama pada saat orang tua menjalani perawatan pada anak talasemia. KataKunci:Pengetahuan,talasemia,stres. perpuatakaan: 31 Buku, 10 Situs Internet, 6 Jurnal (1990-2011)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DENSITAS MINERAL TULANG DENGAN KADAR FERITIN SERUM PADA PASIEN THALASSEMIA MAYOR (dr. Rachmi, 2019)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI SEKOLAH PADA PASIEN β-THALASSEMIA MAYOR DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (AMANDA PUTRA, 2017)

HUBUNGAN KADAR VITAMIN D DENGAN BONE MINERAL DENSITY PADA PASIEN THALASSEMIA DEPENDEN TRANSFUSI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Ridha Wahyuni, 2019)

GAMBARAN STATUS KARIES GIGI (INDEKS DMF-T) PADA PASIEN THALASEMIA BETA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Reka Oktiana Dewi, 2017)

HUBUNGAN KADAR SERUM FERITIN TERHADAP GANGGUAN FUNGSI HATI PADA PENDERITA β- THALASSEMIA MAYOR DI INSTALASI SENTRAL THALASSEMIA DAN HEMOFILIA BANDA ACEH (Rizky Amalia Siregar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy