//

PENILAIAN KINERJA DAERAH IRIGASI JEURAM KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRWANSYAH - Personal Name
SubjectIRRIGATION - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Infrastruktur bidang irigasi tidak bertahan lama tanpa didukung oleh kegiatan pemeliharaan yang berkesinambungan seiring bertambahnya umur bangunan air di jaringan irigasi. Untuk menjaga sistem irigasi yang berkelanjutan diperlukan sistem pengelolaan irigasi mulai dari bangunan utama, jaringan primer hingga jaringan sekunder. Kinerja Irigasi menjadi suatu indikator dalam rangka menggambarkan suatu pengelolaan sistem irigasi, penilaian kinerja menurut Peraturan Menteri Pekerjaaan Umum Nomor 12/PRT/M/2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi dilakukan terhadap 6 (enam) parameter yaitu : Prasarana Fisik, Produktivitas Tanam, Sarana Penunjang, Organisasi Personalia, Dokumentasi dan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Tujuan dalam penelitian ini adalah melakukan penilaian kinerja Daerah Irigasi (D.I) Jeuram melalui pengamatan terhadap kondisi jaringan irigasi dan menganalisa data kondisi jaringan irigasi dari instansi pelaksana Operasi dan Pemeliharaan (O&P) D.I Jeuram dan informasi dari P3A yang dijadikan acuan penilaian terhadap kinerja D.I Jeuram. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini bahwa kinerja Daerah Irigasi Jeuram ditinjau dari aspek kondisi fisik dan non fisik memiliki indeks kinerja sebesar 69.36 %, sehingga kinerja Daerah Irigasi Jeuram masuk dalam kategori kinerja kurang dan perlu perhatian, maka disarankan adanya upaya untuk meningkatkan kinerja pada Daerah Irigasi Jeuram, yaitu aspek prasarana fisik terdiri dari kegiatan pemeliharaan rutin dari bangunan utama hingga ke saluran sekunder akhir (B.Jr.30), pemeliharaan berkala meliputi penggantian papan operasi dan mistar ukur pada bendung, penggantian bagian pintu yang hilang pada penguras bendung, pengurasan kantong lumpur secara periodik, penggantian 16 unit pintu pada Jeuram Kanan dan 6 unit pintu pada Jeuram Kiri, rehab berat pada bangunan sadap B.Jr.9, B.Jr.13, BU.1 dan BU.2, dan membangun drain inlet pada ruas saluran pembuang. Upaya peningkatan kinerja aspek prasarana non fisik terdiri atas menyediakan fasilitas yang memadai untuk kantor, perumahan dan gudang pelaksana O&P, menyediakan data D.I secara lengkap pada kantor ranting dan melakukan rapat rutin terkait dengan pelaksaan O&P dan pola tanam. Dengan ini didapat suatu nilai kinerja sistim irigasi dengan yang handal, dan yang nantinya akan menjadi acuan untuk pengelolaan jaringan irigasi secara utuh. Kata kunci : Penilaian Kinerja, Jaringan Irigasi, D.I Jeuram, Operasi dan Pemeliharaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI EFFESIENSI DAN EFEKTIFITAS SALURAN IRIGASI JEURAM KABUPATEN NAGAN RAYA (Iswandy Harrianto, 2019)

STUDI PENGARUH INTERSEPSI LAHAN KELAPA SAWIT TERHADAP KETERSEDIAAN AIR (WATER BALANCE) PADA BEBERAPA SUB DAS DI KABUPATEN NAGAN RAYA (MEYLIS SAFRIANI, 2016)

PERTUMBUHAN KOTA JEURAM PASKA PEMEKARAN WILAYAH TAHUN 2002 – 2014 (Romi Irwanda, 2018)

EVALUASI KINERJA JARINGAN IRIGASI DAERAH IRIGASI BARO KANAN KABUPATEN PIDIE (Husaini, 2019)

KAJIAN KINERJA SISTEM IRIGASI DI DAERAH IRIGASI PANDRAH KABUPATEN BIREUEN (WINARDI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy