//

HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN UPAYA PENCEGAHANRNTERJADINYA STROKE PADA PASIEN HIPERTENSI DIRNRUANG POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAHRNSAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Zahara Sukma - Personal Name
SubjectHYPERTENSION-MEDICINE
STROKE (DISORDER)-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 23 Okteber 2012 xv + VI Bab + 90 Halaman + 17 Tabel + 1 Skema + 17 Lampiran DEWI ZAHARA SUKMA NIM. 0807101020077 HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA STROKE PADA PASIEN HIPERTENSI DI RUANG POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Gaya hidup merupakan kerangka acuan yang dipakai seseorang dalam bertingkah laku dan konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan stroke. Upaya pencegahan stroke yang harus dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan gaya hidup yang meliputi: berat badan, pola makan, aktivitas fisik (olahraga), konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, dan manajemen stres dengan upaya pencegahan terjadinya stroke pada pasien hipertensi di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2012. Metode penelitian deskriptif korelatif menggunakan desain cross sectional study melalui purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 55 pasien hipertensi primer. Pengumpulan data dengan membagi kuesioner yang terdiri dari 15 item pernyataan dalam skala Likert dan 13 item pernyataan chek list. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik chi-square, hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara berat badan (P-value 0,030), pola makan (P-value 0,000), aktivitas fisik/olahraga (P-value 0,022), konsumsi alkohol (P-value 0,005), kebiasaan merokok (P-value 0,018), dan manajemen stres (P-value 0,009) dengan upaya pencegahan terjadinya stroke pada pasien hipertensi di ruang poliklinik RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2012. Disarankan kepada pasien hipertensi untuk memperhatikan dan meningkatkan gaya hidup sehat agar terhindar dari risiko stroke dan kepada pemberi pelayanan kesehatan agar dapat meningkatkan promosi kesehatan kepada pasien dan masyarakat dalam memasyarakatkan gaya hidup sehat. Kata kunci : Gaya hidup, Hipertensi, Upaya Pencegahan, Stroke Daftar bacaan : 39 buku, 5 skripsi, 6 jurnal (2000-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECEMAMSAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zulfira Ananda, 2017)

HUBUNGAN DERAJAT STROKE TERHADAP STATUS KOGNITIF PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI POLIKLINIK SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mafruzah Nanda Putri, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS RNHIDUPPASIEN STROKE DI RUANG REHABILITASI MEDIK RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2014 (EKA SUNNIATI, 2014)

GAMBARAN GEJALA DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PASCA STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (NABILA MAGHFIRA, 2015)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN FUNGSI KOGNITIF (Defira Rosa Amalia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy