//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AAN SOFYANA - Personal Name
SubjectPULMONARY TUBERCULOSIS - MEDICINE
FAMILY SUPPORT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 7 Oktober 2012 Xiv + VI Bab + 73 halaman + 13 tabel + 1 skema + 14 lampiran AAN SOFYANA 0807101060003 HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Penderita TB Paru masih mengalami stigma sosial dan ketidakadilan di masyarakat, diantaranya yaitu gangguan komponen konsep diri. Keluarga dapat menjadi kelompok pendukung utama dalam hal pencegahan terjadinya gangguan komponen konsep diri pada pasien TB Paru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan konsep diri pasien Tuberkulosis Paru di Balai Kesehatan Paru Masyarakat Banda Aceh 2012. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif. Desain penelitian cross sectional study melalui tekhnik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 63 pasien TB Paru. Pengumpulan data penelitian dilakukan mulai tanggal 3 - 6 september 2012 dengan membagikan kuisioner yang terdiri dari 35 item pernyataan dalam skala likert dan dichotomous choice. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik chi-square, hasil penelitian adalah ada hubungan antara dukungan sosial keluarga (P-value 0,005), dukungan penilaian (P-value 0,010), dukungan tambahan (P-value 0,010) dan dukungan emosional (P-value 0,022) dengan konsep diri pasien TB Paru. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga (P-value 0,005) dengan konsep diri pasien Tuberkulosis paru di Balai Kesehatan Paru Masyarakat Banda Aceh tahun 2012. Saran bagi Poliklinik Paru BKPM adalah agar dapat meningkatkan pengetahuan pasien TB Paru bahwa penyakit TB Paru dapat disembuhkan dengan berobat secara teratur dan bagi keluarga untuk dapat memberikan dukungan sehingga dapat meningkatkan konsep diri pasien kearah yang positif. Kata kunci : Tuberkulosis paru, konsep diri, dukungan keluarga Daftar bacaan : 24 buku + 8 jurnal + 4 internet (1999-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI POLI DOTS RSUD DR. ZOEINAL ABIDIN BANDA ACEH PADA TAHUN 2014 (Zayana Pandini, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU TERHADAP KETERATURAN MINUM OBAT DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL BANDA ACEH (Muhammad Caesar Tursina, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT) DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI BAGIAN/SMF PULMONOLOGI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (melianty iriany, 2014)

GAMBARAN KUALITAS HIDUP PASIEN TUBERKULOSIS PARU YANG MENJALANI TERAPI OBAT ANTI TUBERKULOSIS DI BALAI KESEHATAN RNPARU MASYARAKAT (BKPM) RNBANDA ACEH TAHUN 2013 (Mawaddah, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMENUHAN NUTRISI PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUN QAMARIATUN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy