HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012


Pengarang

FITRI WULANDARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101040082

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

612.654

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEDOKTERAN
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

SKRIPSI
10 Oktober 2012

xvi halaman + VI bab + 83 halaman + 14 tabel + 1 skema + 19 lampiran
FITRI WULANDARI
0807101020012

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012

ABSTRAK
Dukungan keluarga merupakan segala bentuk dukungan yang dirasakan oleh anggota keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan fisik, psikologis, dan sosialnya. Dukungan keluarga merupakan salah satu bentuk stimulasi terhadap perkembangan psikososial anak. Perkembangan psikososial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya dan orang dewasa lainnya. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosialnya diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kolerasional dengan pendekatan penelitian cross sectional dan teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel 56 responden ibu dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dan lembar observasi DDST. Hasil analisa data dengan menggunakan uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan dukungan sosial dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,035), ada hubungan dukungan penilaian dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,000), ada hubungan dukungan tambahan dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,017), ada hubungan dukungan emosional dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,010). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh (p-value= 0,017). Diharapkan orang tua dapat terus memberikan dukungan yang cukup pada anak agar perkembangan anak berjalan dengan potimal.

Kata kunci : Dukungan Keluarga, Anak Usia Prasekolah, Perkembangan Psikososial
Daftar Bacaan : 33 buku, 8 internet (1994-2012)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK