Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012
Pengarang
FITRI WULANDARI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1207101040082
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2012
Bahasa
Indonesia
No Classification
612.654
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEDOKTERAN
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SKRIPSI
10 Oktober 2012
xvi halaman + VI bab + 83 halaman + 14 tabel + 1 skema + 19 lampiran
FITRI WULANDARI
0807101020012
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012
ABSTRAK
Dukungan keluarga merupakan segala bentuk dukungan yang dirasakan oleh anggota keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan fisik, psikologis, dan sosialnya. Dukungan keluarga merupakan salah satu bentuk stimulasi terhadap perkembangan psikososial anak. Perkembangan psikososial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya dan orang dewasa lainnya. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosialnya diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kolerasional dengan pendekatan penelitian cross sectional dan teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel 56 responden ibu dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dan lembar observasi DDST. Hasil analisa data dengan menggunakan uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan dukungan sosial dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,035), ada hubungan dukungan penilaian dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,000), ada hubungan dukungan tambahan dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,017), ada hubungan dukungan emosional dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,010). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh (p-value= 0,017). Diharapkan orang tua dapat terus memberikan dukungan yang cukup pada anak agar perkembangan anak berjalan dengan potimal.
Kata kunci : Dukungan Keluarga, Anak Usia Prasekolah, Perkembangan Psikososial
Daftar Bacaan : 33 buku, 8 internet (1994-2012)
Tidak Tersedia Deskripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG PRADA BANDA ACEH TAHUN 2011 (Meutia Zakirah, 2020)
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN)DI SD SEUMET MONTASIK ACEH BESAR TAHUN 2014 (Amatallah, 2014)
HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)
HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN DENVER TEST II DI TK BUNDA KANDUNG ACEH BESAR (Khairul Rijal, 2015)
HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)