//

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PELAKSANAAN YANG BERDAMPAK TERHADAP WAKTU PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DARMAWI - Personal Name
SubjectESTIMATES - BUILDING CONSTRUCTION
CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PELAKSANAAN YANG BERDAMPAK TERHADAP WAKTU PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH Oleh: D a r m a w i NIM. 1609200060014 Komisi Pembimbing: Dr. Ir. Muttaqin, MT Dr. Anita Rauzana, ST, MT ABSTRAK pada pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh pada Tahun Anggaran 2015 sampai dengan 2017, banyak mengalami keterlambatan pada pelaksanaan yang disebabkan oleh banyak faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal yang berdampak terhadap keterlambatan pada waktu penyelesaian proyek, sehingga proyek tidak selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam dokumen kontrak yang menjadi perjanjian tertulis antara pihak owner dengan pihak kontraktor. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui 5 (lima) peringkat teratas faktor-faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya keterlambatan pada pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh dan untuk mendapatkan 5 (lima) peringkat teratas solusi penanganan dari faktor-faktor utama yang dapat dilakukan untuk mencegah/mengatasi terjadinya keterlambatan pada pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey kuesioner kepada 40 responden dari pihak owner dan 40 responden dari pihak kontraktor yang pernah terlibat di dalam menangani proyek konstruksi gedung. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan yang telah dilakukan maka ditetapkan 5 (lima) peringkat teratas faktor-faktor utama penyebab terjadinya keterlambatan pada pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh ialah: Terjadi perubahan desain/detail pekerjaan pada waktu pelaksanaan; Terjadinya bencana alam seperti kebakaran, banjir, cuaca buruk, badai/angin ribut, gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain; Kondisi dan lingkungan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan; Salah/tidak lengkap dalam membuat perencanaan (gambar/spesifikasi); dan Sering/banyak terjadi pekerjaan tambah/kurang. Sedangkan 5 (lima) peringkat teratas solusi penanganan dari faktor-faktor utama yang dapat dilakukan untuk mencegah/mengatasi terjadinya keterlambatan pada pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh ialah: Melakukan review desain sebelum memulai pekerjaan; Mengetahui prediksi cuaca pada saat pelaksanaan; Melakukan studi kelayakan dan investigasi lapangan sebelum pelaksanaan pekerjaan; pada saat Pre Construction Meeting (PCM) pihak kontraktor harus mengklarifikasi semua dokumen agar jelas; dan Meminimalkan terjadinya pekerjaan tambah/kurang. Kata Kunci: Faktor-faktor Penyebab Keterlambatan, Waktu Penyelesaian, Proyek Konstruksi, Gedung.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN RISIKO BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (YOSI ARMIDA, 2020)

KAJIAN FAKTOR NON EXCUSABLE DELAYS SEBAGAI PENYEBAB UTAMA KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (Rina Safitri, 2016)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG (STUDI KASUS PADA DINAS CIPTA KARYA WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH) (Ilham Fadhillah Srg, 2016)

FAKTOR-FAKTOR IMPLEMENTASI GREEN CONSTRUCTION PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (TARMIZI, 2021)

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MUTU PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI PROVINSI ACEH MENURUT PERSEPSI PELAKSANA KONSTRUKSI (Rizki Aryanda, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy