//

KAJIAN EKOLOGI PERMUDAANALAMI JENIS DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER ACEH TENGGARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Amelia - Personal Name
SubjectDIPTEROCARPACEAE
ECOLOGY - PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang kajian ekologi permudaan alami Dipterocarpaceae di Stasiun Penelitian Ketambe, Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Tenggara bertujuan untuk mendapatkan struktur populasi, nilai kekayaan, keragaman dan komposisi jenis Dipterocarpaceae pada setiap strata pertumbuhan serta mengetahui hubungan struktur tegakan hutan dan pengaruh faktor abiotik (kondisi fisika dan kimia tanah, intensitas cahaya, kelembaban dan suhu tanah) terhadap permudaan alami jenis Dipterocarpaceae. Penelitian dilakukan bulan dari bulan Februari sampai Juli 2017 dengan menggunakan metode kuadrat/petak yang dilakukan secara acak. Identifikasi dilakukan di Herbarium Acehense Jur usan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Syiah Kuala. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga jenis Dipterocarpaceae yang terdapat dalam kawasan Stasiun Penelitian Ketambe yaitu Parashorea lucida, Shorea johorensis dan Hopea dryobalanoides. Berdasarkan piramida struktur populasi, jenis P. lucida akan tetap bertahan dan akan berkembang di masa yang akan datang. Sedangkan jenis S. johorensis dan H. dryobalanoides, populasinya diperkirakan tidak dapat bertahan dan populasinya semakin berkurang. Berdasarkan komposisi jenis, P. lucida mendominasi pada setiap strata dibandingkan dengan jenis S. johorensis dan H. dryobalanoides. Indeks keragaman jenis Dipterocarpaceae pada semua strata tergolong rendah (H’

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEKERABATAN SUKU DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN KERAGAMAN MORFOLOGI ORGAN VEGETATIF DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER, ACEH TENGGARA (Agus Sara, 2016)

ANALISIS FILOGENETIK BERDASARKAN GEN RBCL DAN GEN MATK PADA SUKU DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER, ACEH TENGGARA (Nir Fathiya, 2018)

ESTIMASI POPULASI ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII LESSON, 1827) BERDASARKAN JUMLAH SARANG DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER (NURLAILI, 2020)

KEANEKARAGAMAN MAKROFUNGI DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER (TNGL), ACEH TENGGARA (Inike Yulia Putri, 2020)

ANALISIS DAN REKONSTRUKSI POHON FILOGENETIK BERDASARKAN GENOM NUKLEUS DAN KLOROPLAS PADA FAMILIA DIPTEROCARPACEAE (Audina Yoeliarniza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy