//

PEMURNIAN DAN KARAKTERISASI PROTEASE DARI ISOLAT BAKTERI TERMOFILIK PRIA LAOT SABANG STRAIN A (PLS A)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Malahayati - Personal Name
SubjectORGANIC CHEMISTRY
PROTEASES
CHROMATOGRAPHY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kimia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Protease dari isolat termo-halofilik Pria Laot Sabang strain A (PLS A) telah berhasil dimurnikan, dikarakterisasi, dan diaplikasikan pada penyamakan kulit sapi. Pemurnian protease dilakukan dalam dua tahap yaitu pengendapan dengan garam amonium sulfat pada tingkat kejenuhan 20-40% dan dilanjutkan dengan kromatografi kolom penukar anion DEAE-Sepharose. Karakterisasi protease murni dilakukan untuk mempelajari pengaruh suhu, pH, konsentrasi NaCl, dan variasi pelarut organik terhadap aktivitasnya. Selain itu, berat molekul protease juga ditentukan dan diaplikasikan pada penyamakan kulit sapi. Aktivitas spesifik protease hasil pengendapan amonium sulfat adalah 505,4 U/mg dengan tingkat kemurnian 6,7 kali dibandingkan ekstrak kasarnya. Aktivitas spesifik protease hasil kromatografi DEAE-Sepharose adalah 3821,33 U/mg dengan tingkat kemurnian 50,8 kali dibandingkan ekstrak kasarnya. Berat molekul protease hasil pemurnian adalah 13,6kDa dengan aktivitas optimum pada suhu 60 oC(termostabil), pH 7 (netral), konsentrasi NaCl 5M (halostabil) dan pelarut non polar (n-heksan). Protease dapat diaplikasikan pada proses perendaman dan pencucian kulit mentah dalam industri pengolahan kulit. Kata kunci : Isolat PLS A, protease, termostabil, halostabil, penyamakan kulit

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMURNIAN DAN KARAKTERISASI PROTEASE DARI ISOLAT BAKTERI TERMOFILIK PRIA LAOT SABANG STRAIN A (PLS A) (Malahayati, 2019)

BIODIVERSITAS GEN 16S RRNA BAKTERI TERMO-HALOFILIK ISOLAT LOKAL PRIA LAOT SABANG (Sri Rahmadani, 2016)

KARAKTERISASI DAN IDENTIFIKASI ISOLAT BAKTERI TERMOHALOFILIK YANG DIISOLASI DARI SUMBER AIR PANAS PRIA LAOT SABANG (sharfina maulidayanti, 2014)

IDENTIFIKASI MOLEKULER AKTINOBAKTERI ATIS61 DAN KARAKTERISASI AKTIVITAS ENZIM PROTEASENYA (FADHLIAH AMFAR, 2021)

SKRINING ANTIBIOTIK DAN IDENTIFIKASI GEN 16S RRNA DARI BAKTERI TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT SABANG (PLS) 76 (Amelya Yolanda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy