Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BAITURRAHMAN DAN KUTA ALAM YANG TERSERTIFIKASI AKREDITASI DASAR
Pengarang
NABELLA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1412101010097
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Layanan kesehatan yang bermutu adalah layanan kesehatan yang selalu berupaya memenuhi harapan pasien. Kepuasan dari pelayananan kesehatan dapat dilihat dari faktor–faktor yang harus di penuhi oleh petugas kesehatan di puskesmas yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Puskesmas Baiturrahman dan Puskesmas Kuta Alam merupakan puskesmas yang tersertifikasi akreditasi dasar di kota Banda Aceh, hal ini perlu diperhatikan karena akreditasi dasar merupakan tingkat akreditasi terendah sehingga dapat menjadi pedoman untuk meningkatkan pelayanan lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas Baiturrahman dan Kuta Alam yang tersertifikasi akreditasi dasar tahun 2018. Jenis penelitian comparative study dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah pasien di puskesmas Baiturrahman dan puskesmas Kuta Alam. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 134 responden yang terdiri dari 67 responden di puskesmas Baiturrahman dan 67 responden responden di puskesmas Kuta Alam. Alat pengumpulan data menggunakan The SERVQUAL test. Data penelitian dianalisis menggunakan uji independent t-test untuk data yang berdistribusi normal dan data yang tidak berdistribusi normal menggunakan uji Mann Whitney. Hasil yang didapatkan Nilai p-value 0.839 (p-value >0,05) sehingga didapatkan hasil tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien di puskesmas Baiturrahman dan Kuta Alam. Direkomendasikan kepada puskesmas tersertifikasi akreditasi dasar sebaiknya lebih sering melakukan survey terkait kepuasan pelayanan karena hal ini dapat menjadikan acuan bagi puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN STATUS AKREDITASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Nila Frisanti, 2022)
HUBUNGAN AKSES PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Aulia Shavira, 2016)
TINGKAT KEPUASAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SIMPANG TIGA ACEH BESAR (RD Debby Yelastari, 2021)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Melly Afriyati, 2015)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)