//

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK 6-18 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TEUKU AVICENNA - Personal Name
SubjectBREAST FEEDING - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan bahasa adalah salah satu faktor penting dalam perkembangan setiap anak, Karena jika adanya keterlambatan dala perkembangan bahasa akan mempengaruhi keberhasilannya di sekolah nanti dan mungkin akan berpengaruh pada saat anak melakukan suatu pekerjaan. Pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pemberian ASI eksklusif dengan perkembangan bahasa menggunakan capute scales (cognitive adaptive test/clinical linguistic auditory milestone scale) pada bayi usia 6-18 bulan di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh yang meliputi 5 gampong yaitu Ie masen kaya adang, Lamlugob,Kopelma, Rukooh Dan Deah Raya. Penelitian ini merupakan penelitian observasioanal.Besar sample yang diteliti adalah 110 responden dengan menggunakan rumus Lammenshow, dan analisis uji Chi-Square untuk responden bivariat. Sample yang dicari termasuk ke dalam kriteria inklusi dan subjek penelitian ini adalah jenis kelamin, usia, IMT, Pendidikan ibu, gambaran pemberian ASI eklsusif, dan gambaran perkembangan bahasa. Data pemberian ASI eksklusif diperoleh dari wawancara dengan orang tua dan perkembangan bahasa menggunakan formulir tes Capute Scales. Selama Penelitian berlangsung, didapatkan sample sebanyak 110 responden dengan 55 pemberian ASI ekslusif dan 55 non ekslusif. Hasil penelitian ini menunjukan 49 anak (89,1%) yang diberikan ASI ekslusif mengalami perkembangan bahasa yang sesuai dengan umurnya. Hasil analisis uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan hanya antara ASI eksklusif dengan perkembangan bahasa (p=0,017). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberian ASI eksklusif dapat mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak. Kata kunci: Perkembangan Bahasa, ASI ekslusif, Anak

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM (TRINITA SUKMA ZEGA, 2020)

EFEKTIFITAS PENYULUHAN PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rahmita Sari, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (NURUL RACHMAH, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN ASI DAN SUSU FORMULA TERHADAP PH PLAK ANAK USIA 12-24 BULAN DI PUSKESMAS DARUSSALAM (T. Iwan Surya , 2016)

HUBUNGAN KEGEMUKAN DENGAN KONSUMSI ASI RNEKSKLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF PADA RNBAYI USIA 0-6 BULAN DI PUSKESMAS RNKOPELMA DARUSSALAM KOTA RNBANDA ACEH (SARTIKA DEWI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy