//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA GAYO DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZUHRA RUHMI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zuhra Ruhmi. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Gayo dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Pengintegrasian budaya pada pembelajaran matematika diperlukan untuk mendekatkan pembelajaran pada kehidupan sehari-hari sehingga dapat memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan. Hal ini merupakan harapan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pendidikan di Provinsi Aceh. Namun perangkat pembelajaran berbasis budaya Gayo belum tersedia, sehingga diperlukan upaya untuk membantu guru mengembangkan perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis budaya Gayo dengan pendekatan realistik yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga tahap yaitu pengkajian awal, perancangan/pembuatan prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Azzahra sebagai ujicoba kecil juga uji coba besar untuk menilai valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian ini diperoleh perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya Gayo telah memenuhi ktiteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Pendekatan Realistik, Budaya Gayo, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII (Syarifah Syifa, 2020)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (MUHAMMAD RIDHA, 2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Nur Dewi, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR (FATHIYA, 2021)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SPLTV KELAS X MAN 4 ACEH BESAR (CUT NADIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy