//

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAKRNBIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA) TERHADAPRNPERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazla Chairini - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
CARIES - DENTISTRY

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Nazla Chairini Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Konsentrasi Hambat dan Bunuh Minimum Ekstrak Biji Alpukat (Persea americana) Terhadap Pertumbuhan Streptococcus mutans. Karies gigi merupakan penyakit gigi yang paling sering diderita di Indonesia yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans (S. mutans). Salah satu tanaman herbal yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri adalah biji alpukat (Persea americana) karena kandungan bahan aktif seperti flavonoid, tanin, saponin, kuinon, polifenol, alkaloid, dan triterpenoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat daya hambat dan bunuh ekstrak biji Persea americana terhadap S. mutans. Penelitian yang bersifat eksperimental laboratorik ini dilakukan terlebih dahulu membuat ekstrak biji Persea americana dan kultur S. mutans pada media TYS20B. Biji alpukat (Persea americana) diesktrak dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Uji antibakteri untuk mengetahui Konsentrasi Hambat Minimum dan Konsentrasi Bunuh Minimum dari biji Persea americana terhadap S. mutans yang dilakukan dengan menggunakan metode Standard Plate Count (SPC). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan koloni telah mengalami penurunan pada konsentrasi 12,5% yaitu 328 x 104 CFU/ml dan pada konsentrasi 100% tidak ditemukan pertumbuhan koloni S. mutans. Pada uji statistik Kruskal-Wallis menunjukkan ekstrak biji Persea americana memiliki pengaruh antibakteri yang bermakna terhadap S. mutans. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak biji Persea americana memiliki sifat antibakteri terhadap S. mutans dengan KHM 12,5% dan KBM 100%. Kata kunci : Karies gigi, ekstrak biji Persea americana, Streptococcus mutans.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM INFUSUM BUNGA CENGKEH (SYZYGIUM AROMATICUM) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS (Pocut Angelina Vonda, 2015)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KEMBANG MERAK (CAESALPINIA PULCHERRIMA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Arina Hidayati, 2015)

POTENSI DAYA HAMBAT EKSTRAK WHOLE CELL STREPTOCOCCUS MUTANS ATCC 31987 TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Nadyatul Asifa, 2015)

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (DARA MEUTIA N, 2018)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Deny Haris, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy