//

EFEK ANTI-INFLAMASI EKSTRAK DAUN BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES) TERHADAP JUMLAH POLYMORPHONUCLEAR (PMN) PADA FASE INFLAMASI (IN VIVO)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WINDA HALISA SIREGAR - Personal Name
SubjectIMAGE OF INFLAMATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Winda Halisa Siregar Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Efek Anti-Inflamasi Ekstrak Daun Babadotan (Ageratum conyzoides) Terhadap Jumlah Polymorphonuclear (PMN) pada Fase Infalmasi (In Vivo) Luka adalah terganggunya struktur normal dari suatu struktur tubuh. Setelah terjadi luka, tubuh merespon untuk penyembuhan luka dan di dalam proses penyembuhan luka terdapat fase inflamasi yang melibatkan polymorphonuclear (PMN) dan menyebabkan kesakitan pada orang yang terluka tersebut. Daun babadotan adalah salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional. Senyawa aktif dalam daun babadotan diketahui dapat membantu penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara spesifik efek anti-inflamasi ekstrak daun babadotan (Ageratum conyzoides) terhadap jumlah polymorphonuclear (PMN) pada fase inflamasi (In Vivo), dengan melihat perbedaan jumlah PMN pada masing-masing kelompok tikus wistar (Rattus Norvegicus) setelah dilakukan perlukaan sayat dan pemberian ekstrak daun babadotan dan pemberian akuades pada kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium dengan desain post-test only control group menggunakan sampel sebanyak 6 ekor tikus wistar jantan. Penelitian ini dilakukan dengan menghitung PMN pada setiap preparat histologi tikus wistar. Data hasil uji dianalisis dengan uji t tidak berpasangan yang menunjukaan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kata kunci: inflamasi, polymorphonuclear, daun babadotan (Ageratum conyzoides)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK ANTI INFLAMASI EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICANALE ROSCOE) TERHADAP JUMLAH PMN PADA FASE INFLAMASI (IN VIVO) (Mira Munaisarah, 2019)

UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES L.) TERHADAP MORTALITAS DAN BEHAVIOR ULAT PENGGULUNG DAUN (SPOLADEA RECURVALIS) PADA TANAMAN BAYAM HIJAU (ASRA NANDA, 2018)

UJI DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN BABADOTAN PSEUDOMONAS AERUGINOSA SECARA IN VITRO (Maryamah, 2015)

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES L.) SEBAGAI SENYAWA ANTIMAKAN LARVA PAPILIO DEMOLEUS L. (LEPIDOPTERA: PAPILIONIDAE) (Lisnawati, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BANDOTAN (AGERATUM CONYZOIDES) TERHADAP BERAT KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER (Harizqi Fatwa Lingga, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy