//

PENENTUAN KESESUAIAN LAHAN TAMBAK BUDIDAYA BERDASARKAN KAJIAN KUALITAS AIR DAN PRODUKTIVITAS SEKUNDER PADA KAWASAN MANGROVE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zainudin - Personal Name
SubjectSOIL
DYKE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian lahan tambak budidaya berdasarkan parameter kualitas air dan produktivitas sekunder pada kawasan mangrove. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling untuk pengambilan data parameter kualitas air (DO, pH, suhu, salinitas, kecerahan, nitrat, dan fosfat). Penentuan kesesuaian lahan tambak menggunakan metode skoring yaitu, parameter kualitas air masing-masing diberi bobot dan skor yang kemudian dibedakan menjadi 4 kelas kesesuaian lahan yaitu kelas S1 (Sangat Sesuai), S2 (Cukup Sesuai), S3 (Sesuai Bersyarat), dan TS (Tidak Sesuai). Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2018 dengan 6 stasiun pengamatan di daerah Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 7 spesies ikan dengan kelimpahan ikan terbanyak berjumlah 104 individu berasal dari spesies Mugil cephalus. Indeks keanekaragaman ikan tertinggi terdapat pada stasiun Ahmad Rhang Manyang sebesar 2,05. Jenis zooplankton ditemukan dari spesies Cyclops sp dan Nauplius sp dengan kelimpahan terbanyak pada stasiun Tibang dengan nilai 295,7 ind/L. Indeks keanekaragaman zooplankton yang tertinggi terdapat pada stasiun Ahmad Rhang Manyang dan Tibang sebesar 0,65. Data hasil penelitan yang sudah dikategorikan berdasarkan kriteria kelas kesesuaian menunjukkan bahwa stasiun 4 (Tibang) merupakan kawasan yang sesuai sebagai lahan tambak budidaya. Kata kunci : Kesesuaian lahan, budidaya tambak, kawasan mangrove.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KUALITAS LAHAN TAMBAK DAN SOSIAL EKONOMI PADA BUDIDAYA UDANG DAN IKAN DI KECAMATAN SEUNUDDON KABUPATEN ACEH UTARA (Samsul Bahri, 2014)

ANALISIS KESESUAIAN LAHAN TAMBAK BERDASARKAN PARAMETER KUALITAS AIR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KOTA BANDA ACEH (SALMAN ALFARISI, 2015)

PENENTUAN KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA TAMBAK MELALUI KAJIAN PRODUKTIVITAS PRIMER PADA KAWASAN MANGROVE PERAIRAN BARAT DAN TIMUR BANDA ACEH (Shinta Yunizar, 2019)

KAJIAN PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN USAHA BUDIDAYA TAMBAK DI DESA LAMTEUNGOH KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR PASCA TSUNAMI (Natasia Arieawan.SND, 2021)

POTENSI KARBON TERSIMPAN PADA LAHAN MANGROVE DAN TAMBAK DI KAWASAN PESISIR KOTA BANDA ACEH (fajar rahmah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy