//

PENGARUH PEMBERIAN REMAH KEDELAIRN(GLYCINE MAX) TERHADAP PERTUMBUHANRNDAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIHRNIKAN NILA GIFT (OREOCHROMIS NILOTICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mulyadi Muhammad - Personal Name
SubjectFEEDS
PARROTFISHES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian remah kedelai (glycine max) terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila GIFT (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilakukan pada 1 Februari sampai dengan 13 Maret 2013. Dalam penelitian ini diuji beberapa tingkat proporsi pakan buatan yang terbuat dari remah kedelai 5%, 8%, dan 10%. Pemberian pakan dilakukan tiga kali sehari, yaitu pada pukul 08.00, 12.00 dan 17.00 WIB, disesuaikan dengan perpelakuan dari berat bobot tubuh ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kontrol (tanpa remah kedelai) memberikan hasil terbaik dari segi kelangsungan hidup, pertumbuhan mutlak, pertumbuhan harian, efesiensi pakan dan konversi pakan. Namun hasil ini tidak berbeda nyata dengan perlakuan 1 (5%) remah kedelai. Sedangkan pada perlakuan 2 (8%) dan 3 (10%) memiliki hasil yang berbeda nyata dengan P1 dan P0 dari semua hasil uji penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan remah kedelai dengan perlakuan 5% dapat di gunakan sebagai pakan alternatif untuk benih ikan nila GIFT selama 40 hari, disamping itu juga pakan remah kedelai memiliki harga yang murah dibandingkan dengan pakan buatan. Kata kunci: Protein, Karbohidrat dan Pakan alternatif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) SEBAGAI BIOFILTER TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Reviendra Safaringga, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.) (Rizka Mulia, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN MADU PADA PAKAN TERHADAP PERKEMBANGAN GONAD IKAN NILA BETINA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Nur Azizah, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KULIT KAKAO (THEOBROMA CACAO L.)RNSEBAGAI PAKAN IKAN DENGAN KONSENTRASI BERBEDA TERHADAPRNPERTUMBUHAN IKAN NILA GIFT (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Henni Rahmawati, 2014)

PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBERIKAN AZOLLA MICROPHYLLA FERMENTASI DENGAN DOSIS BERBEDA SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN DAPHNIA MAGNA (Fitriana Sri Wahyuny, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy